|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Kebajikan Bercahaya

Mampu/mengekang diri untuk menggemilangkan Kebajikan.”


oleh Chew Kong Giok


GENTAROHANI.COM — KEBAJIKAN BERCAHAYA

Da Xue 
Bab I.

明 德
Míng Dé

1. 康 誥 曰 :” 克 明 德 ” 。
kāng gào yuě : kè míng dé 

Di dalam Kang Gao (Salah satu Kitab Kerajaan Zhou) tertulis : “Mampu/mengekang diri untuk menggemilangkan Kebajikan.”

Keterangan :
Ayat ini adalah illustrasi tentang menggemilangkan Kebajikan, dimana tiap insan yang berusaha menjadi Manusia Mulia agar melakukannya dengan tekun seperti yang terdapat pada Bab Utama. Huruf 克 = mengandung pengertian: mampu dan bisa mencerna dalam setiap menghadapi persoalan, karena itu harus tekun, niscaya mampu dan bisa menahan diri dari hal-hal yang negatif, dan niscaya mampu dan bisa mengembangkan hal-hal yang positip. Inilah yang dimaksud dengan usaha-usaha menggemilangkan Kebajikan..
Baca Kitab Shu Jing V : IX, yang berisi tentang nasehat Raja Zhou Wu Wang kepada keponakannya yaitu Feng 封.

2. 大 甲 曰 ,” 顧 諟 天 之 明 命 ” 。
dà jiǎ yuě : gù shī tiān zhī míng mìng .

Di dalam Da-jia (Salah satu Kitab kerajaan Xiang) tertulis : “Gu menetapkan bahwa Tian menganugrahkan Firman yang Bercahaya”.

Keterangan :
Penerus Yi Yin adalah Da Jia sebagai raja ke dua kerajaan Xiang (1753 - 1719 Sm.) 
顧 = adalah ayah Da Jia. 顧 諟 = gù shī : Gu memutuskan bahwa Naskah tersebut memberi petunjuk tentang Jalan menuju kepada Tian. Adanya Firman Gemilang pada manusia karena adanya Tian, Maka dengan hidup taat mengikuti Firman Gemilang akan sampai pada Tian. Firman yang Bercahaya adalah sama dengan Kebajikan Bercahaya. Ayat ini sekaligus sebagai aplikasi/pernyataan eksistensi dari Tian.

3. 帝 典 曰:” 克 明 峻 德 “ 。
dì diǎn yuě : kè míng jùn dé.

(Terdapat dalam Shu Jing/Kitab Hikayat Bab Raja Yao) Dalam peraturan kaisar tertulis : “Mampu memahami dan menjalankan Kebajikan Mulia itu”.

Keterangan :
Ayat ini adalah Sabda dari Raja Yao dan ditetapkan menjadi hukum peraturan yang berlaku pada waktu itu .帝 典= dì diǎn, artinya hukum/peraturan kaisar.

4. 皆 自 明 也 。
jiē zì míng yě .

Semua itu tergantung pada diri sendiri dalam memahami dan menjalankannya.

Keterangan :
皆 = jiē, artinya adalah : semua atau seluruhnya. Jadi yang dimaksud dengan ayat tersebut di atas menegaskan bahawa semua ayat-ayat sebelumnya adalah tentang bagaimana melaksanakannya, tergantung pada manusia itu sendiri. (bwt)

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,56,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,34,LORONG,37,NOT,1,PILIHAN,68,SANGGURDI,5,SEPATU,5,TOPI,21,TSN,56,TSUN,4,USL,46,VIDEO,24,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,9,ZEF,13,ZEVA,1,ZKG,20,
ltr
item
Genta Rohani: Kebajikan Bercahaya
Kebajikan Bercahaya
Mampu/mengekang diri untuk menggemilangkan Kebajikan.”
https://d38c5dutwb1t0j.cloudfront.net/Pictures/480xany/9/3/2/113932_eic616editorialshininglights_609493.jpg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2019/02/kebajikan-bercahaya.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2019/02/kebajikan-bercahaya.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy