|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

The 1st Indonesia-Australia Interfaith Dialogue (IAID)

Indonesia dan Australia sepakat bergandeng tangan memperjuangkan perdamaian dunia dengan cara meningkatkan dan membangun hubungan baik jangka panjang antar agama dan kebudayaan.

The First Indonesia-Australia Interfaith Dialogue (IAID)  

“Sharing Experiences and Best Practices”

GENTAROHANI.COM — Indonesia-Australia Gelar Dialog Lintas Agama yang Pertama di Hotel de Paviljoen Bandung pada 13 Maret 2019. Indonesia dan Australia sepakat bergandeng tangan memperjuangkan perdamaian dunia dengan cara meningkatkan dan membangun hubungan baik jangka panjang antar agama dan kebudayaan, menekan persepsi-persepsi negatif antar identitas yang berbeda, dan mengatasi radikalisme.

Komitmen tersebut disampaikan oleh Cecep Herawan, Direktur Jendral Informasi dan Diplomasi Publik Kementrian Luar Negeri, pada pidato pembukaan. Kedua negara dapat saling belajar dari pengalaman dan praktik-praktik yang telah dilaksanakan dalam menjaga keharmonisan dalam keberagaman masing-masing negara.

“Masyarakat Australia menjungjung tinggi nilai persatuan dalam kemajemukan dan menyadari bahwa pengakuan dan penghargaan terhadap keyakinan dan budaya yang berbeda-beda justru memperkuat masyarakat, bukan memperlemah” kata Gary Quinlan, Duta Besar Australia untuk Indonesia. “Australia dan Indonesia memahami bahwa demokrasi yang maju dan kuat saat ini dinikmati oleh kedua negara adalah berkat kemajemukan masyarakatnya,” lanjutnya.


Dialog Lintas Agama ini dihadiri oleh Cecep Herawan, Direktur Jendral Informasi dan Diplomasi Publik; Gary Quinlan, Duta Besar Australia untuk Indonesia; dan diikuti oleh 80 orang peserta dari kedua negara yang terdiri dari pejabat pemerintah, tokoh dan intelektual lintas agama, praktisi media, perwakilan kelompok pemuda, dan para tokoh berbagai agama di Bandung.

Forum dialog berlangsung dengan interaktif, dimana para peserta mendiskusikan isu-isu seperti Democracy, Religion, and Pluralism; Freedom of Expression: Spreading Peaceful Messages and Combatting Misuse of Media; and Addresing the Problems: Strengthening Coorperation and Advocating Policy toward Inclusive Society.

Secara spesifik, forum menghasilkan kesepakatan untuk memajukan dan meningkatkan kerjasama dibidang  pendidikan, media, kepemudaan dan peran serta kontribusi perempuan untuk perdamaian.

Pembicara yang mewakili Indonesia antara lain Dr. Pradana Boy (Wakil Staff khusus Presiden untuk Isu Keagamaan Internasional), Dr. Ahmad Munjid (Peneliti Senior Center for Security and Peace Studies UGM), Zulfiani Lubis (Pemimpin Redaksi IDN Times), Dr. Saefudin Syafi’i (Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama - Kementrian Agama), dan K.S. Arsana (Ketua Prajaniti Hindu Indonesia).


Sementara itu, pembicara delegasi dari Australia adalah Pdt. Samuel Green (Ketua bidang Hubungan Lintas Agama pada Gereja Anglikan Australia), Umesh Chandra (Tokoh Hindu pada Universitas Queensland) dan Elizabeth Vaag (Biarawati).

Dialog Lintas Agama telah menjadi fitur diplomasi publik Indonesia sejak 2004. Hingga saat ini, Indonesia telah memiliki 31 mitra Dialog Lintas Agama Bilateral, dan Australia merupakan mitra Dialog Lintas Agama Bilateral yang ke-32. Indonesia juga aktif mempromosikan Dialog Lintas Agama pada tataran regional, seperti pada forum APEC, ASEM, dan MIKTA; dan pada tataran global/ multilateral, seperti melalui forum UNAOC. (oey)

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,56,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,34,LORONG,37,NOT,1,PILIHAN,68,SANGGURDI,5,SEPATU,5,TOPI,21,TSN,56,TSUN,4,USL,46,VIDEO,24,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,9,ZEF,13,ZEVA,1,ZKG,20,
ltr
item
Genta Rohani: The 1st Indonesia-Australia Interfaith Dialogue (IAID)
The 1st Indonesia-Australia Interfaith Dialogue (IAID)
Indonesia dan Australia sepakat bergandeng tangan memperjuangkan perdamaian dunia dengan cara meningkatkan dan membangun hubungan baik jangka panjang antar agama dan kebudayaan.
https://newsroom.unsw.edu.au/sites/default/files/thumbnails/image/istock_000044357226_large_1.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-ff7hCenkxck/XIjPA3pHfKI/AAAAAAAAAAM/J0luzuG-aWkZisUaEu6g4mw5bZw1mfxNQCLcBGAs/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2019-03-13%2Bat%2B14.24.11.jpeg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2019/03/the-1st-indonesia-australia-interfaith.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2019/03/the-1st-indonesia-australia-interfaith.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy