|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Mengatur Waktu

Salah satu tanda kedewasaan seseorang terletak pada kemampuannya mengatur waktu. Waktu adalah sesuatu yang dimiliki oleh semua orang.


oleh: Susan – Bandung

GENTAROHANI.COM — Meskipun kita tidak mempunyai kecerdasan yang sama, kepribadian yang identik, atau kemampuan kejiwaan yang sama dengan orang lain, tetapi kita semua memiliki waktu yang sama. Yang membedakan bukan soal banyaknya waktu, melainkan bagaimana waktu itu dapat kita gunakan sebaik-baiknya.

Agar penggunaan waktu kita dapat seefektif mungkin, maka kita harus mempunyai beberapa prinsip atau langkah-langkah yang dapat kita usahakan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Mempunyai Tujuan Yang Jelas

Sebelum kita melakukan suatu kegiatan kita harus tahu lebih dulu tujuan kita melakukan hal tersebut, karena tujuan lah yang dapat menentukan hasilnya. Sebaiknya bila kita akan berbicara atau berdiskusi kita telah mempunyai tujuan yang jelas dalam berdiskusi dan topik yang akan dibicarakan. Biasanya seorang moderator sudah harus menyusun daftar acara suatu sidang atau rapat, sehingga pembicaraan tidak akan membuang waktu.
Nabi Kongzi pernah bersabda, "Orang yang berkumpul sepanjang hari, tetapi yang dibicarakan tiada yang berhubungan dengan Kebenaran, melainkan hanya ribut akan hal-hal kecil, sungguh sukar orang-orang semacam itu." (Lunyu XV : 17)

Memiliki Rencana Yang Terperinci

Kita dapat membuat daftar kerja, pilihlah mana yang bersifat penting. Kita harus tahu apa yang akan kita lakukan pada hari ini, sehingga semua yang akan kita kerjakan hari ini sudah terjadwal.
Nabi bersabda, "Orang yang tidak mau bertanya 'Apa yang harus kulakukan? Apa yang harus kulakukan?' Aku tidak tahu apa yang harus Kulakukan terhadapnya." (Lunyu XV : 16)

Tetapkan Prioritas

Kita harus mempunyai prinsip, bahwa kita tidak mempunyai cukup waktu untuk melakukan semua hal-hal kecil. Karena itu kita harus mampu menetapkan prioritas, sehingga kita bisa memusatkan perhatian untuk menyelesaikan hal-hal yang penting dahulu, daripada menghabiskan waktu mengerjakan hal yang tidak penting.
Nabi bersabda, " Seorang Kuncu mengutamakan hal-hal yang penting, bukan hal-hal yang remeh." (Lunyu XV : 37)

Pusatkan Pada Satu Tugas

Jika kita mempunyai tugas yang begitu banyak, pasti kita bingung akan kah tugas kita ini bisa selesai dalam waktu yang telah ditetapkan? Untuk itu pusatkan perhatian kita pada satu tugas saja, setelah selesai baru kita kerjakan tugas-tugas berikutnya. Maka dari itu kita harus bersungguh-sungguh di dalam melaksanakan tugas.

—Baca juga Lunyu XV ayat 38.

Mendahulukan Tugas, Bukan Hak

Tugas kitalah yang harus diutamakan, baru kemudian kita dapat memperoleh hak kita. Kita harus mengutamakan tugas khususnya yang menyangkut kepentingan umum atau untuk orang banyak, bukan hanya mengutamakan kepentingan kelompok, golongan, atau pribadi saja.

—Baca Lunyu II ayat 14.

Milikilah Moto 'Lakukan Sekarang'

Bila kita tidak melaksanakan tugas kita sekarang, tentu nantinya tugas kita akan dapat tertunda, dan penundaan tersebut sebenarnya merupakan pemborosan waktu yang terbesar.
"Zilu tidak pernah menangguhkan perkara hari ini sampai besok." (Lunyu XII : 12)
Untuk itulah agar kita tidak melakukan pemborosan waktu, kita harus mempunyai prinsip Do It Now. Lakukanlah sekarang! Mengapa kita harus menunda-nunda pekerjaan? Selagi kita mampu lakukanlah sekarang, agar kita tidak menyesal nantinya.

Demikianlah beberapa prinsip pengaturan waktu. Sekarang tinggal bagaimana kita dapat memanfaatkan waktu yang kita miliki itu, agar kita tidak akan ketinggalan perkembangan jaman yang seharusnya kita ikuti dari hari ke hari, yang begitu cepat berubah ini. (bwt)


Diterbitkan di Buletin Genta Rohani, Karya ke-143—April 1999

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,56,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,34,LORONG,37,NOT,1,PILIHAN,68,SANGGURDI,5,SEPATU,5,TOPI,21,TSN,56,TSUN,4,USL,46,VIDEO,24,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,9,ZEF,13,ZEVA,1,ZKG,20,
ltr
item
Genta Rohani: Mengatur Waktu
Mengatur Waktu
Salah satu tanda kedewasaan seseorang terletak pada kemampuannya mengatur waktu. Waktu adalah sesuatu yang dimiliki oleh semua orang.
https://cdn-images-1.medium.com/max/1600/1*J2eTG47WyzUW4lQxTYfBiw.jpeg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2019/04/mengatur-waktu.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2019/04/mengatur-waktu.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy