|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Dosa Kepada Tuhan, Tiada Tempat Meminta Doa

Nabi melakukan perjalanan adalah untuk menyebarkan ide-ide tentang pemerintahan berdasarkan moral, tidak untuk memperoleh jabatan.

罪于天,无所祷
(zuì yú tiān, wú suǒ dǎo)


oleh: Suyena Adegunawan (陳書源 Tan Su Njan)

GENTAROHANI.COM—Pada tahun 496–483 SM Nabi Kong Zi berusia 56 tahun, bersama sejumlah muridnya melakukan Zhōuyóu Lièguó 周游列国 Perjalanan Menjelajahi Sejumlah Negara selama hampir 14 tahun. Selama itu negara yang dikunjungi antara lain Wèi 卫 、Kuāng 匡 、 蒲、Qí 齐、Cáo 曹、Sòng 宋、Zhèng 郑、Chén 陈、Cài 蔡、Jìn 晋、Yuè 越、dan Chǔ 楚.

Ketika sampai di Negara Wei 卫国 (wèi guó), rombongan disambut langsung oleh Rajamuda Wèi Líng Gōng 卫灵公, Rajamuda ini mengira Nabi datang ke sana untuk minta jabatan dalam pemerintahan, maka sesuai dengan permintaan istri 君夫人 (jūn fū rén), Nán Zǐ 南子. Nan Zi masih sangat belia, sedangkan Wei Ling Gong sudah di atas 70 tahun. Wei Ling Gong sangat penurut kepada Nan Zi. Kekuasaan pemerintahan yang sebenarnya berada di tangan Nan Zi. Akibatnya sistem pemerintahan Negara Wei kacau.

Dalam keadaan bimbang Nabi apakah perlu menemui Nan Zi, dalam Sabda Suci diceritakan:
《论语》Lunyu - 雍也 - Yong Ye Tentang Ran Yong. Pasal 28:

子见南子,子路不说。夫子矢之曰:「予所否者,天厌之!天厌之!」
zǐ jiàn nán zǐ zǐ lù bù shuō fū zǐ shǐ zhī yuē yǔ suǒ fǒu zhě tiān yàn zhī tiān yàn zhī 

Nabi akhirnya menemui Nan Zi; hal ini menyebabkan Zilu tidak senang. Karena itu lalu Nabi bersumpah: "Kalau aku berbuat tidak pada tempatnya, Tuhan menghukumku! Tuhan menghukumku!"

Dalam kesempatan lain Nabi Kongzi bertemu dengan Wangsun Jia 王孙贾 (wáng sūn jiǎ) atau Ongsun Ke, seorang pejabat negara Dafu 大夫 (dà fu). Ia adalah Panglima tentara Negara Wei 治军旅 (zhì jūn lǚ), sebagaimana disebutkan dalam:

《论语》Lunyu 憲問 - 宪问 - Xian Wen - Hian Bun - Sabda Suci XIV Xian Bertanya,  Pasal 19:

子言卫灵公之无道也,康子曰:「夫如是,奚而不丧?」
zǐ yán wèi líng gōng zhī wú dào yě kāng zǐ yuē fū rú shì xī ér bù sàng

孔子曰:「仲叔圉治宾客,祝鮀治宗庙,王孙贾治军旅。
kǒng zǐ yuē zhòng shū yǔ zhì bīn kè zhù tuó zhì zōng miào wáng sūn jiǎ zhì jūn lǚ.

夫如是,奚其丧?」
fū rú shì xī qí sang

(1) Nabi membicarakan tentang Rajamuda Ling dari Negeri Wee yang ingkar dari Jalan Suci. Kwi Khongcu bertanya: "Kalau demikian mengapakah tidak hancur kekuasaannya?"

(2) Nabi Khongcu menjawab: "Tiongsiok Gi diangkat sebagai pemimpin penyambut tamu negara; Ciok Too diangkat sebagai pemimpin upacara di bio leluhurnya; dan Ongsun Ke diangkat sebagai panglima tentaranya. Dengan demikian bagaimanakah dapat hancur kekuasaannya?"

Dalam suatu percakapan dengan Nabi Kong Zi, Wangsun Jia bertanya kepada Nabi:
《论语》Lunyu 八佾- Ba Yi - Pat Iet - SabdaSuci III Tarian Delapan Baris. Pasal 13 ayat (1)

王孙贾问曰:「与其媚于奥,宁媚于灶,何谓也?」
wáng sūn jiǎ wèn yuē yǔ qí mèi yú ào níng mèi yú zào hé wèi yě

Ong Sun-ke bertanya: "Apakah maksud peribahasa 'Dari pada bermuka-muka kepada Malaikat Oo (malaikat ruang Barat Daya rumah), lebih baik bermuka-muka kepada Malaikat Co (Malaikat Dapur)' itu?"
Malaikat Oo atau Ao Shen 奥神 (ào shén) atau Xinan Jiao de Shen 西南角的神 (xī nán jiǎo de shén) atau Malaikat Sudut Barat Daya adalah nama lain dari Malaikat Bumi, Kun(kūn), penguasa bangunan.


Malaikat Co atau Malaikat Dapur, Zao Zhen 灶神 (zào shén) dipuja dalam masyarakat dan kepercayaan tradisional Tiongkok, dapat memberi berkah, melindungi rumah tangga serta menghukum penghuni rumah sesuai dengan kesalahan dan dosanya.

Kedudukannya Malaikat Ao lebih tinggi dari Malaikat Dapur.

Malaikat Sudut Barat Daya dikiaskan untuk Nan Zi, Wangsun Jia diibaratkan sebagai Malaikat Dapur.

Di Negara Wei, kedudukan Nan Zi lebih tinggi dari Wangsun Jia.

Maksud pertanyaan Wangsun Jia adalah: Kalau Nabi Kongzi menginginkan jabatan di Wei, daripada mengambil hati Nan Zi lebih baik berkolaborasi dengan Wangsun Jia.

Tujuan Nabi melakukan perjalanan adalah untuk menyebarkan ide-ide tentang pemerintahan berdasarkan moral, tidak untuk memperoleh jabatan. Terhadap pertanyaan Wangsun Jia, Nabi Kongzi menjawab:
《论语》Lunyu 八佾- Ba Yi - Pat Iet – Sabda Suci III Tarian Delapan Baris. Pasal 13 ayat (2)

子曰:「不然,获罪于天,无所祷也。」
zǐ yuē bù rán huò zuì yú tiān wú suǒ dǎo yě

Nabi bersabda: "Itu tidak benar. Siapa berbuat dosa kepada Tuhan, tiada tempat (lain) ia dapat meminta doa."
Maksudnya jika orang melakukan perbuatan apapun dengan itikad tidak baik, maka doanya tidak akan diterima oleh Tian. (bwt)

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,56,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,34,LORONG,37,NOT,1,PILIHAN,68,SANGGURDI,5,SEPATU,5,TOPI,21,TSN,56,TSUN,4,USL,46,VIDEO,24,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,9,ZEF,13,ZEVA,1,ZKG,20,
ltr
item
Genta Rohani: Dosa Kepada Tuhan, Tiada Tempat Meminta Doa
Dosa Kepada Tuhan, Tiada Tempat Meminta Doa
Nabi melakukan perjalanan adalah untuk menyebarkan ide-ide tentang pemerintahan berdasarkan moral, tidak untuk memperoleh jabatan.
https://images3.alphacoders.com/687/687869.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-tyoIBmhO1mU/XVYXUXdHF0I/AAAAAAAAAcY/XY3KwSWB_D0157mItmdhgPDGTtQq_B8ywCLcBGAs/s72-c/baqua.jpg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2019/08/dosa-kepada-tuhan-tiada-tempat-meminta.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2019/08/dosa-kepada-tuhan-tiada-tempat-meminta.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy