|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Etika Bisnis Rujia

Bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika, yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan menaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Apakah dalam Khonghucu diajarkan Etika dalam Berbisnis?

儒商 (rú shāng)


oleh: Suyena Adegunawan (陳書源 Tan Su Njan)


GENTAROHANI.COM—Dalam Undang-undang No. 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, Pasal 1 Butir 1 didefinisikan: Perdagangan adalah transaksi Barang dan/atau Jasa dengan tujuan pengalihan hak atas barang dan/atau jasa untuk memperoleh imbalan atau kompensasi. 

Perdagangan atau perniagaan atau (commerce; 商业 shāng yè) adalah sinonim dari bisnis (business) 企业 (qǐ yè) artinya berusaha mencari untung dengan transaksi barang dan/atau jasa secara terang-terangan, terus menerus (sustainable) dan mempunyai domisili tertentu.

Etika bisnis商业伦理 (shāng yè lún lǐ), 企业伦理 (qǐ yè lún lǐ) business ethics adalah cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan kelompok. Etika Bisnis dalam perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pemangku kepentingan. Bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika, yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan menaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

Seorang Junzi dalam segala hal sangat menjaga Kepercayaan 信 xin, dalam Kitab Sabda Suci sangat sering kata ini muncul, seperti dalam:
《大学》 Daxue, Ajaran Besar 第十章 释治国平天下 (dì shí zhāng shì zhì guó píng tiān xià)
Bab X Teratur Negara Damai Dunia. Pasal 18:

是故君子有大道,必忠信以得之,骄泰以失之。
shì gù jūn zǐ yǒu dà dào bì zhōng xìn yǐ dé zhī jiāo tài yǐ shī zhī

Maka seorang Junzi mempunyai Jalan Suci Yang Besar. Ingatlah hanya Satya dan Dapat Dipercaya sajalah memungkinkan kita mencapai cita-cita (yang mulia), sedangkan kesombongan dan keangkuhan akan mengakibatkan hilangnya harapan.
《论语》Lunyu - 学而 - Xue Er - Hak Ji - Sabda Suci I Belajar, Pasal 4:

曾子曰:「吾日三省吾身:为人谋而不忠乎?
céng zǐ yuē wú rì sān xǐng wú shēn wéi rén móu ér bù zhōng hū

与朋友交而不信乎?传不习乎?」
yǔ péng you jiāo ér bù xìn hū chuán bù xí hū

Cingcu berkata: "Tiap hari aku memeriksa diri dalam tiga hal: Sebagai manusia adakah aku berlaku tidak Satya? Bergaul dengan kawan dan sahabat adakah aku berlaku tidak dapat dipercaya? Dan adakah ajaran Guru yang tidak kulatih?"
《论语》Lunyu - 学而 - Xue Er - Sabda Suci I Belajar, Pasal 8:

子曰:「君子不重则不威,学则不固。
zǐ yuē jūn zǐ bù zhòng zé bù wēi xué zé bù gù

主忠信,无友不如己者,过则勿惮改。」
zhǔ zhōng xìn wú yǒu bù rú jǐ zhě guò zé wù dàn gǎi

(1) Nabi bersabda: Seorang Junzi bila tidak menghargai dirinya, niscaya tidak berwibawa; belajar pun tidak akan teguh.

(2) Utamakanlah sikap Satya dan Dapat Dipercaya.

(3) Janganlah berkawan dengan orang yang tidak seperti dirimu.

(4) Bila bersalah janganlah takut memperbaiki.
Dengan ayat-ayat ini seorang penganut Agama Khonghucu memegang janji, lebih dari sekedar mencari keuntungan, setiap perkataannya bagaikan emas, 一诺千金 (yí nuò qiān jīn) memegang teguh kata-katanya sendiri; bertanggung jawab dengan segala risiko dan taruhan kerugian atas tiap pernyataannya; bicara dengan perhitungan; sudah dikatakan tidak akan mengubah kata-kata. 

Kata-kata yang dapat dipercaya 言而有信 (yán ér yǒu xìn) atau 说到做到 (shuō dào zuò dào) artinya dapat merealisasikan pernyataannya; perbuatan sesuai dengan perkataan; menepati kata-kata yang menjadi janjinya; tidak hanya terhadap orang lain tetapi juga untuk diri sendiri. 

Maka tidak heran seorang Rujia dalam bisnisnya menunjukkan sifat:
  1. Menjaga kualitas barang, mencantumkan dalam etiket barang sejelas-jelasnya, takaran berat dan volume barang tertulis dengan terang;
  2. Membayar kredit tepat waktu, setiap janji membayar selalu ditepati baik jumlah uangnya maupun jatuh temponya;
  3. Setiap penawaran menjual atau membeli barang diajukan menurut ketentuan dan syarat-syarat (terms and conditions) yang adil dan jelas, tidak ada yang disesatkan (misleading).

Pebisnis Rujia tidak berani berjanji untuk hal yang melampaui kemampuannya, dalam Sabda Suci XIV 宪问 - Xian Wen, Bertanya, Pasal 27:
子曰:「君子恥其言而過其行。」
zǐ yuē jūn zǐ chǐ qí yán ér guō qí háng.

Nabi bersabda: "Seorang susilawan malu bila kata-katanya melampaui perbuatannya."

Seorang Junzi tidak akan berdagang dengan merugikan mitra usaha, karena berdagang didasari niat baik, Cinta Kasih 仁 ren kepada sesama manusia, transaksi selalu didasarkan pada pola saling menguntungkan, tidak boleh memikirkan keuntungan perusahaan sendiri merugikan orang lain 损人利己 (sǔn rén lì jǐ)
Dalam Lunyu XIV 宪问 - Xian Wen, Yuan Xian Bertanya, Pasal 12 ayat (2) disebutkan:

曰:「今之成人者何必然?见利思义,见危授命,
yuē jīn zhī chéng rén zhě hé bì rán jiàn lì sī yì jiàn wēi shòu mìng

久要不忘平生之言,亦可以为成人矣。」
jiǔ yào bu wàng píng shēng zhī yán yì kě yǐ wéi chéng rén yǐ

Kemudian bersabda pula: "Untuk masa sekarang, bagaimanakah orang yang sempurna itu?"“Cukup bilamana melihat keuntungan ingat akan Kebenaran, menghadapi bahaya berani menetapi takdir, sekalipun lama mengalami penderitaan tidak lupa akan janji yang diucapkan; ini cukup untuk menjadi seorang yang baik."
Kata 见利思义 (jiàn lì sī yì) berarti orang mencari keuntungan tetapi harus memikirkan kebenaran; kebenaran lebih penting dari segalanya, tidak boleh sebaliknya 见利忘义 (jiàn lì wàng yì) sudah melihat keuntungan lupa kebenaran; kebenaran dikalahkan oleh sifat serakah. Orang berada di Jalan Suci menghindari harta tidak halal 不义之财 (bú yì zhī cái), jangan mendapatkan harta dengan cara murahan 莫占便宜 (mò zhàn pián yi).

Lebih jauh dalam 《论语》Lunyu 里仁 - Li Ren - Sabda Suci IV Hidup Di Antara Orang Berperi Cinta Kasih, Pasal 5, Pasal (1) dinyatakan:
子曰:「富与贵是人之所欲也,不以其道得之,不处也;
zǐ yuē fù yǔ guì shì rén zhī suǒ yù yě bù yǐ qí dào dé zhī bù chù yě

贫与贱是人之所恶也,不以其道得之,不去也。
pín yǔ jiàn shì rén zhī suǒ è yě bù yǐ qí dào dé zhī bù qù yě

Nabi bersabda: "Kaya dan berkedudukan mulia ialah keinginan tiap orang, tetapi bila tidak dapat dicapai dengan Jalan Suci, janganlah ditempati. Miskin dan berkedudukan rendah ialah kebencian tiap orang, tetapi bila tidak dapat disingkiri dengan Jalan Suci, janganlah ditinggalkan.

Dalam bisnis modern situasi menguntungkan para pihak disebut win-win situation atau 双赢 (shuāng yíng).

Bagi Rujia harta adalah buah dari kebajikan, bukan semata-mata hasil dari usaha. Dalam《大学》 Daxue Ajaran Besar 第十章, 释治国平天下 (dì shí zhāng shì zhì guó píng tiān xià) Bab X Teratur Negara Damai Dunia, Pasal 7 disebutkan:
德者本也,财者末也,
dé zhě běn yě cái zhě mò yě

Kebajikan itulah yang pokok dan kekayaan itulah yang ujung.

Setelah harta diperoleh, pemaanfaatannya tidak bisa lepas dari Jalan Suci. 
《大学》 Daxue Ajaran Besar 第十章 释治国平天下 (dì shí zhāng shì zhì guó píng tiān xià) Bab X Teratur Negara Damai Dunia, Pasal 19:

生财有大道。生之者众,食之者寡,为之者疾,用之者舒,
shēng cái yǒu dà dào shēng zhī zhě zhòng shí zhī zhě guǎ wéi zhī zhě jí yòng zhī zhě shū

则财恒足矣。
zé cái héng zú yǐ

Mengurus harta pun ada Jalannya Yang Besar; bila penghasilan lebih besar dari pada pemakaian dan bekerja setangkas mungkin sambil berhemat, niscaya harta benda itu akan terpelihara.
Dalam trend bisnis modern dikenal istilah corporate social responsibility atau tanggung jawab sosial perusahaan, yaitu penyisihan sebagian keuntungan perusahaan untuk kepentingan kemanusiaan, sosial, lingkungan hidup dan lain sebagainya, hal ini adalah manifestasi dari Cinta Kasih 仁 ren.

Dalam berbagai aspek bisnis seperti investasi, produksi, pemasaran, distribusi, perolehan sumber dana (perkreditan) setiap pelaku usaha memerlukan karyawan, kreditor, mitra usaha (business partner), semua pihak yang yang mempunyai kepentingan terhadap perusahaan dikenal sebagai pemangku kepentingan (stakeholder). 

Terhadap pihak-pihak relasi bisnis, perusahaan hendaknya bersikap sebagaimana disebutkan dalam《论语》Lunyu - 雍也 - Yong Ye - Sabda Suci VI, Pasal 30, ayat (3):

夫仁者,己欲立而立人,己欲达而达人。
fū rén zhě jǐ yù lì ér lì rén jǐ yù dá ér dá rén

Seorang yang berperi Cinta Kasih ingin dapat tegak, maka berusaha agar orang lainpun tegak; ia ingin maju, maka berusaha agar orang lain pun maju. (bwt)

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,56,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,34,LORONG,37,NOT,1,PILIHAN,68,SANGGURDI,5,SEPATU,5,TOPI,21,TSN,56,TSUN,4,USL,46,VIDEO,24,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,9,ZEF,13,ZEVA,1,ZKG,20,
ltr
item
Genta Rohani: Etika Bisnis Rujia
Etika Bisnis Rujia
Bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika, yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan menaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Apakah dalam Khonghucu diajarkan Etika dalam Berbisnis?
https://1.bp.blogspot.com/-f3-GauMdsF0/XepOkPSCFdI/AAAAAAAAArg/ECnDH2gdQQsYyZSonfzacjMd-NZOo5cNQCLcBGAsYHQ/s1600/iStock_000045261708_Medium.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-f3-GauMdsF0/XepOkPSCFdI/AAAAAAAAArg/ECnDH2gdQQsYyZSonfzacjMd-NZOo5cNQCLcBGAsYHQ/s72-c/iStock_000045261708_Medium.jpg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2019/08/etika-bisnis-rujia.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2019/08/etika-bisnis-rujia.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy