|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Jangan Lupa Tugas Mendidik

oleh:  Uung Sendana Linggaraja     GENTAROHANI.COM— Bagi para aktivis bidang apapun yang punya kesibukan luar biasa, dalam melangkah j...


oleh: Uung Sendana Linggaraja   


GENTAROHANI.COM—Bagi para aktivis bidang apapun yang punya kesibukan luar biasa, dalam melangkah jauh ke depan jangan melupakan hal-hal yang dekat dengan diri yaitu 'membereskan rumah tangga'.

Dengarkan suara anggota keluarga: anak-anak, istri/suami, orang tua. Berbagilah dengan mereka. Jangan lupa didik anak-anak, karena anak-anak lahir ke dunia perlu pendidikan agar dapat hidup dengan benar.

Tugas mendidik bukan semata-mata tugas guru di sekolah atau rohaniwan. Orang tua berperan besar dalam proses pendidikan ini. Beri mereka keteladanan moral, bimbing mereka nilai-nilai agama agar tahu dalam kehidupan ini ada hal-hal yang pokok ada hal-hal yang ujung. Tak adil bila anak-anak dibiarkan memilih tanpa kita terlebih dahulu memberi pendidikan yang memadai, terutama dalam hal agama.

Bina hubungan harmonis dengan pasangan, agar menjadi laksana musik yang ditabuh harmonis. Hidup berumah tangga itu bukan sekedar cinta atau suka, tapi komitmen dalam keadaan apapun, suka maupun duka, sehat maupun sakit, sama maupun berbeda untuk bersama-sama 'menabuh musik', menyanyikan lagu yang harmonis. Walaupun dalam prosesnya kadang ada nada yang perlu ditera ulang.

Berbaktilah pada orang tua, karena mereka adalah wakil Tian di dunia, tempat kita menuangkan kasih kita dan memuliakan mereka, dari sikap bakti inilah kita memberi keteladanan pada anak, dan dari sikap bakti ini pulalah kita mendekatkan diri pada Yang Esa itu serta memuliakanNya.

Kadang kita, sebagai aktivis tenggelam dalam kesibukan kita dan melupakan hal-hal pokok ini, terus melihat hal-hal jauh, melupakan hal-hal yang dekat.

Ketika segalanya tak berjalan dengan baik dan harmonis, ketika anak-anak kita tak sehaluan, ketika pasangan kita tak lagi berjalan beriringan, hanya ada sedikit kesempatan yang dapat kita lakukan. 

Bahkan kadang tak ada lagi kesempatan untuk kembali ke track yang benar dan kita tepekur dalam penyesalan karena telah salah memaknai dan menjalankan kehidupan ini.

Kalau itu sudah terjadi, tidak pada tempatnya menyalahkan orang lain.

Untuk yang tidak sibuk, jangan pula tidak melakukannya.

Renungan untuk diri, Daxue bab utama 4-5. (bwt) 


Status Facebook Uung Sendana pada 1 Desember 2017 

Da Xue IX: 1, Da Xue IX: 6, Da Xue IX: 7

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,56,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,34,LORONG,37,NOT,1,PILIHAN,68,SANGGURDI,5,SEPATU,5,TOPI,21,TSN,56,TSUN,4,USL,46,VIDEO,24,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,9,ZEF,13,ZEVA,1,ZKG,20,
ltr
item
Genta Rohani: Jangan Lupa Tugas Mendidik
Jangan Lupa Tugas Mendidik
https://images.unsplash.com/photo-1475503572774-15a45e5d60b9?ixlib=rb-1.2.1&ixid=eyJhcHBfaWQiOjEyMDd9&auto=format&fit=crop&w=1000&q=80
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2019/12/jangan-lupa-tugas-mendidik.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2019/12/jangan-lupa-tugas-mendidik.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy