|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Membantu Hanya Karena Pernah Dibantu?

Status Facebook Eva Harjadinata pada Desember 2019.


oleh Eva Harjadinata   |   


GENTAROHANI.COM—Beberapa hari ini ada statement yang mondar mandir, bolak balik kayak setrikaan di kepala saya. Padahal sudah berusaha diabaikan, tapi lewat lagi, lewat lagi.

Berawal ketika ada orang yang minta tolong, atau lebih tepatnya berniat menolong orang, tapi membutuhkan bantuan saya. Lalu ujungnya saya dirayu untuk ikut membantu dengan ucapan, “Kita harus bantuin dia, karena dulu dia banyak bantu kita.”

Tunggu. Saya gak pernah keberatan dengan konsep “membantu orang”, selama kita mampu. Yang saya kurang setuju itu, membantu orang dengan alasan dulu dia banyak membantu kita.

Bagi saya, membantu itu gak pernah jadi beban selama saya mampu. Kalau sampai harus membebani diri atau keluarga sih tunggu dulu deh, daripada diri sendiri jadi susah dan balik nyusahin orang sekitar. Maaf saya orangnya penuh perhitungan dan agak ribet.

Sejak dulu, saya akan berhenti di pinggir jalan untuk membantu orang yang terlihat sedang kesulitan, walau duit di dompet masih jatah kuliah—yang bisa dibilang gak pernah lebih dari jatah makan sehari 3 kali. Jika saat itu saya mampu, saya akan bantu. Dan tidak pernah sedikit pun ada pengharapan suatu saat dia membantu saya balik.

Orang ingin membantu itu muncul dari hati, karena merasa iba. Dari rasa iba muncul niat membantu, kepada siapapun tanpa kecuali. Bahkan kepada orang yang tidak dikenal. Kalau kita membantu dengan alasan dulu dia membantu kita, terkesan kita hanya akan membantu hanya orang yang pernah berjasa kepada kita.

Jadi kalau ada yang bilang “kita harus bantuin dia, karena dulu dia banyak bantu kita”, saya gak setuju.

Menurut saya, keliru jika kita membantu orang lain hanya karena dulu mereka telah membantu kita. Bukan berarti kita gak boleh. Sudah selayaknya kita tahu diri, budaya kita sudah kental dengan yang namanya BALAS BUDI. Dan saya setuju saja membantu orang—dengan catatan “selama mampu”.

Problemnya, jika kita membantu orang lain hanya karena mereka dulu sudah membantu kita, berarti ketika kita membantu mereka pun akan disisipi dengan harapan “entar kalau saya perlu bantuan elu wajib bantu gue”.

BIG NO. Itu namanya pamrih. Bukan membantu dengan ketulusan.

Dan lagi, jika kita berpikir “elu harus balas budi suatu saat nanti jika saya perlu”, sama saja dengan berharap suatu saat kita akan kesusahan. Pikiran adalah harapan, harapan adalah doa. Berharaplah kita dapat terus membantu orang lain tanpa akan kesusahan.

Seseorang telah membantu kita itu adalah amalan hidup dia, berkah dan tabungan surganya dia.

Nah kalau kita mau nabung amal juga, masa harus menunggu orang lain berbuat baik dulu, baru kemudian kita balas budi? Mau kapan tabungan amal kita penuh, cuy?

Kesimpulan status yang panjang ini adalah, sudah sepatutnya kita membantu sesama, selama kita mampu. Dengan ikhlas, tanpa perlu alasan dia pernah berjasa kepada kita; dan tanpa perlu sisipan pengharapan suatu saat elo juga harus bantu gua.

Ini statement saya, yang gak setuju maaf yah.

Saya juga gak maksa.

Tabungan amal kita beda kok, bodo amat. (bwt)


Status Facebook Eva Harjadinata Desember 2019

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,56,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,34,LORONG,37,NOT,1,PILIHAN,68,SANGGURDI,5,SEPATU,5,TOPI,21,TSN,56,TSUN,4,USL,46,VIDEO,24,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,9,ZEF,13,ZEVA,1,ZKG,20,
ltr
item
Genta Rohani: Membantu Hanya Karena Pernah Dibantu?
Membantu Hanya Karena Pernah Dibantu?
Status Facebook Eva Harjadinata pada Desember 2019.
https://1.bp.blogspot.com/-a5ZjwYbAJyk/XeiIs_l4KiI/AAAAAAAAArA/WmdAN5PtGdoNOcxWZKz3y5MlBZlzkBTXgCLcBGAsYHQ/s1600/bcfd3a_d2074914367641ce8fa98f56d2ca0a46_mv2_d_2700_2024_s_2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-a5ZjwYbAJyk/XeiIs_l4KiI/AAAAAAAAArA/WmdAN5PtGdoNOcxWZKz3y5MlBZlzkBTXgCLcBGAsYHQ/s72-c/bcfd3a_d2074914367641ce8fa98f56d2ca0a46_mv2_d_2700_2024_s_2.jpg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2019/12/membantu-hanya-karena-pernah-dibantu.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2019/12/membantu-hanya-karena-pernah-dibantu.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy