|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

GURU YANG BAIK

Menimbulkan keharmonisan, memberi kemudahan dan menjadikan orang berpikir, itulah pendidikan yang baik.

[feature]

oleh: Uung Sendana Linggaraja     

GENTAROHANI.COM—Beberapa hari yang lalu saya menonton film "Big Brother", tentang seorang guru SMA yang mengajar di almamaternya setelah sekian lama bertugas sebagai tentara. 

Yang menarik adalah bagaimana sang guru mengajar di luar cara mengajar konvensional, yang berpatokan pada aturan-aturan tertentu yang telah ditetapkan dengan sederet tugas administratif yang mesti dikerjakan oleh seorang guru. Fokus mengajar dia adalah pada bakat dan minat siswa. Agar bakat dan minat siswa dapat berkembang dengan baik. 

Bagi dia, siswa yang berminat menjadi pembalap sama baiknya dengan siswa yang ingin berprestasi di dunia akademik, pengusaha, gamer, atau profesi lainnya. Dia begitu peduli pada persoalan yang dihadapi dan masa depan siswa. Dia melakukan tugas mengajar dengan totalitas. Tujuan utama dia mengajar bukanlah untuk mencari nafkah, tapi untuk mengabdi dan memanusiakan manusia. Dia mengajar karena rasa terima kasihnya pada sang kepala sekolah yang dulu telah 'menyelamatkan' dari kenakalan yang pernah dia lakukan saat dia bersekolah di SMA yang sama. 

Dia berhasil mengubah murid-murid malas, 'nakal' dan bermasalah menjadi murid yang termotivasi. Bahkan karena kepeduliannya, satu persatu persoalan dalam keluarga mereka dapat terselesaikan. Sang guru berhasil mengajak para orang tua untuk terlibat dan mengubah cara pandang mereka terhadap anak-anaknya. 

Orang tua menjadi lebih peduli pada anak-anaknya dan anak-anak menjadi peduli pada orang tuanya. Pendidikan sekolah tidak terbatas di ruang kelas apalagi sekedar untuk mendapat nilai, pendidikan membentuk karakter, mengembangkan potensi dan pada akhirnya mengajarkan nilai-nilai kehidupan di rumah dan dalam masyarakat. 

Menjadi guru seperti guru Chen yang diperankan oleh Donnie Yen tidaklah mudah, karena memerlukan totalitas bahkan dalam film ini, karena cara mengajarnya yang tidak konvensional menyebabkan dia harus berhenti. Namun pengorbanannya tidak sia-sia, apa yang dilakukan telah memberi inspirasi bukan saja bagi murid-muridnya tapi juga pada para guru dan seluruh komunitas sekolah sehingga sekolah tersebut dapat bangkit dari keterpurukan dan menemukan jati diri.

Dalam agama Khonghucu seperti dituntunkan dalam kitab Liji (Catatan Kesusilaan), pendidikan yang baik adalah pendidikan yang dilaksanakan dengan membimbing berjalan dan tidak menyeret, menguatkan dan tidak menjerakan, membuka jalan tetapi tidak menuntun sampai akhir pencapaian. 

Membimbing berjalan tidak menyeret menumbuhkan keharmonisan; menguatkan dan tidak menjerakan memberi kemudahan; dan membukakan jalan tetapi tidak menuntun sampai akhir pencapaian menjadikan orang berpikir. 

Menimbulkan keharmonisan, memberi kemudahan dan menjadikan orang berpikir, itulah pendidikan yang baik. 


Begitulah penyanyi yang baik akan menjadikan orang menyambung suaranya, pengajar yang baik akan menjadikan orang menyambung citanya. Kata-kata yang ringkas tetapi menjangkau sasaran; tidak mengada-ada tetapi dalam; biar sedikit gambaran tetapi mengena untuk pengajaran. Itu boleh dinamai ji zhi (menyambung cita).

Seorang junzi mengerti apa yang sulit dan yang mudah dalam proses belajar, mengerti kebaikan dan keburukan kualitas muridnya. Dengan demikian dapat meragamkan cara mengasuhnya. Bila dapat meragamkan cara mengasuh, baharulah kemudian benar-benar mampu menjadi guru. Bila benar-benar mampu menjadi guru, baharulah kemudian mampu menjadi kepala (departemen). Bila benar-benar mampu menjadi kepala, baharulah kemudian mampu menjadi pimpinan (negara). Demikianlah karena guru, orang dapat belajar menjadi pemimpin. 

Maka, memilih guru tidak boleh tidak hati-hati. 

Di dalam catatan tersurat, 'Tiga raja dari keempat dinasti itu semuanya karena guru, 'ini kiranya memaksudkan hal itu.'

Seorang Junzi yang mengerti apa yang menjadikan pendidikan berhasil dan berkembang dan mengerti apa yang menjadikan pendidikan hancur, ia boleh menjadi guru manusia. 

Guru Chen bukanlah guru pelajaran character building, bukan pula guru agama apalagi rohaniwan, tapi dia berhasil menjadi guru yang menginspirasi murid-muridnya menemukan dan mengembangkan potensi diri bukan mengajak muridnya sekadar menghafal. 

Banyak perubahan yang harus dilakukan di negara dan lembaga kita. 

Perlu dimulai dari saya dan Anda, walaupun tak mudah. (bwt)


Liji XVI Xue Ji I: 13, 15 dan 16.


KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,56,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,34,LORONG,37,NOT,1,PILIHAN,68,SANGGURDI,5,SEPATU,5,TOPI,21,TSN,56,TSUN,4,USL,46,VIDEO,24,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,9,ZEF,13,ZEVA,1,ZKG,20,
ltr
item
Genta Rohani: GURU YANG BAIK
GURU YANG BAIK
Menimbulkan keharmonisan, memberi kemudahan dan menjadikan orang berpikir, itulah pendidikan yang baik.
https://1.bp.blogspot.com/-YNsfwOh0eAQ/Xv8qHUrJQeI/AAAAAAAABDM/NaYFs1OrNK83Ug96722Bk2NpDeCdP5DtwCK4BGAsYHg/d/bigbrother.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-YNsfwOh0eAQ/Xv8qHUrJQeI/AAAAAAAABDM/NaYFs1OrNK83Ug96722Bk2NpDeCdP5DtwCK4BGAsYHg/s72-c-d/bigbrother.jpg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2020/07/guru-yang-baik.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2020/07/guru-yang-baik.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy