|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Persatuan Orang Mengalahkan Kesempatan Waktu dan Keuntungan Tempat

Kesempatan waktu itu tidak sebanding dengan keuntungan keadaan tempat. Keuntungan keadaan tempat tidak sebanding dengan persatuan orangnya.

人和胜于天时和地利   
(rén hé shèng yú tiān shí hé dì lì)   


oleh: Suyena Adegunawan (陳書源 Tan Su Njan)   |   


GENTAROHANI.COM— 《孟子》公孙丑下 - Gong Sun Chou II B, Bingcu II B. Pasal 1 ayat (1) menyatakan:

孟子曰:「天时不如地利,地利不如人和。
mèng zǐ yuē tiān shí bù rú dì lì dì lì bù rú rén hé

Mengzi berkata: "Kesempatan waktu itu tidak sebanding dengan keuntungan keadaan tempat. Keuntungan keadaan tempat tidak sebanding dengan persatuan orangnya."

Dalam Pasal ini Mengzi mengajarkan unsur esensial ketika negara berperang, yaitu hubungan harmonis rakyat dengan negara/raja dan persatuan di antara rakyat melebihi modal kekuatan apapun yang dimiliki oleh negara.

天时 (tian shi) atau kesempatan waktu menunjukkan keadaan alam suatu negara, iklim, waktu tentara berperang.

地利 (dì lì) keadaan tempat menunjukkan situasi topografis, geografis suatu negara, diceritakan dalam ayat (2) 三里之城,七里之郭 (sān lǐ zhī chéng qī lǐ zhī guō) sebuah kota yang wilayahnya 3 li dikitari tembok kota dalam, dan 7 li dikitari tembok kota luar. 城 (chéng) adalah wilayah dalam kota panjangnya 3 li atau sekitar 1,5 km, sedangkan 郭 (guō) adalah wilayah luar kota panjangnya sampai 7 li atau sekitar 3,5 km. Termasuk dalam keadaan setempat sebagaimana disebutkan dalam ayat (4): 封疆之界 (fēng jiāng zhī jiè) batas negara, 山溪之险 (shān xī zhī xiǎn) tingginya gunung atau dalamnya jurang, 兵革之利 (bīng gé zhī lì) keunggulan persenjataan.

人和 (rén hé) persatuan orang dijelaskan dalam ayat (4) dinyatakan 得道者多助,失道者寡助。(dé dào zhě duō zhù shī dào zhě guǎ zhù) 寡助之至,亲戚畔之;多助之至,天下顺之。(guǎ zhù zhī zhì qīn qi pàn zhī duō zhù zhī zhì tiān xià shùn zhī) Adapun yang menyebabkan sesuatu itu berhasil ialah karena beroleh banyak bantuan dan yang menyebabkan sesuatu itu gagal ialah karena kurangnya mendapat bantuan. Puncak kurangnya bantuan itu ialah bila sampai sanak saudara sendiri melawannya. Puncak beroleh bantuan itu ialah bila seluruh dunia mematuhinya.


Untuk menjamin kemenangan suatu negara dalam peperangan, bukan juga jumlah tentara berkuda 兵马 (bīng mǎ) atau strategi perang 兵法 (bīng fǎ), melainkan 人和 (rén hé) persatuan orang menyebabkan negara pasti menang perang.

《孟子》公孙丑下 - Gong Sun Chou II B, Bingcu II B. Pasal 1 ayat (1) menyatakan:
以天下之所顺,攻亲戚之所畔;故君子有不战,战必胜矣。」
yǐ tiān xià zhī suǒ shun gōng qīn qi zhī suǒ pàn gù jūn zǐ yǒu bú zhàn zhàn bì shèng yǐ

"Yang dipatuhi seluruh dunia, bila menggempur negara yang sanak saudaranya sendiri saja melawannya, niscaya menang. Maka seorang Kuncu tidak ingin berperang, tetapi sekali berperang niscaya menang."

Pernyataan yang sejalan diucapkan oleh Kongzi dalam《论语》Lun Yu - 颜渊 - Yan Yuan - Gan Yan - Sabda Suci XII, Pasal 7:

子贡问政。子曰:「足食。足兵。民信之矣。」
zǐ gòng wèn zhèng zǐ yuē zú shí zú bīng mín xìn zhī yǐ

子贡曰:「必不得已而去,于斯三者何先?」曰:「去兵。」
zǐ gòng yuē bì bù dé yǐ ér qù yú sī sān zhě hé xiān yuē qù bīng

子贡曰:「必不得已而去,于斯二者何先?」
zǐ gòng yuē bì bù dé yǐ ér qù yú sī èr zhě hé xiān

曰:「去食。自古皆有死,民无信不立。」
yuē qù shí zì gǔ jiē yǒu sǐ mín wú xìn bù lì

(1) Zi Gong bertanya tentang pemerintahan.

(2) Nabi bersabda: "Harus cukup makan, cukup persenjataan, dan ada kepercayaan rakyat."

(3) Zi Gong bertanya: "Kalau terpaksa ada yang tidak dapat dipenuhi dari ketiganya, manakah yang dapat dilalukan?"

“Lalukan persenjataan."

(4) Zi Gong bertanya: "Kalau terpaksa ada yang tidak dapat dipenuhi dari kedua yang masih itu, manakah yang dapat dilalukan?"

“Lalukan makanan. Sejak zaman kuno selalu ada kematian; tanpa kepercayaan rakyat, negara tidak dapat berdiri."

"Kesempatan waktu itu tidak sebanding dengan keuntungan keadaan tempat", sebenarnya tidak berkaitan langsung dengan unsur waktu. Serangan mengepung kota, ada strategi perang untuk melumpuhkan kota dengan mengandalkan faktor geografis. Jika faktor cuaca menghambat, mungkin kedua pihak akan menggunakan kesempatan waktu (timing)

Mengincar untuk merusak persediaan makanan pihak lawan, asalkan pasokan konsumsi sendiri cukup, tetapi strategi perang ini pun tidak menjamin kemenangan. 

Semua strategi perang yang berhubungan dengan waktu, tempat, geografis, persenjataan, persediaan makanan, berkaitan dengan barang tidak bernyawa, semuanya dapat digerakan tetapi tetap perlu pengendalian. 

Maka dijalankan dalil kedua: "Keuntungan keadaan tempat tidak sebanding dengan persatuan orangnya”. 

Unsur rakyat adalah insan yang mempunyai jiwa, inisiatif, semangat, kesetiaan, jika rakyat bergerak mendukung dengan hati yang bersatu dan serentak. Merupakan kontribusi yang paling tinggi nilainya bagi negara. (bwt)


KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,56,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,34,LORONG,37,NOT,1,PILIHAN,68,SANGGURDI,5,SEPATU,5,TOPI,21,TSN,56,TSUN,4,USL,46,VIDEO,24,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,9,ZEF,13,ZEVA,1,ZKG,20,
ltr
item
Genta Rohani: Persatuan Orang Mengalahkan Kesempatan Waktu dan Keuntungan Tempat
Persatuan Orang Mengalahkan Kesempatan Waktu dan Keuntungan Tempat
Kesempatan waktu itu tidak sebanding dengan keuntungan keadaan tempat. Keuntungan keadaan tempat tidak sebanding dengan persatuan orangnya.
https://cdn.pixabay.com/photo/2016/06/09/06/22/hands-1445244_1280.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-94r-GsgX0As/Xx-4u9TNr0I/AAAAAAAAAOA/qqEHDEVerRwPKiA3vFQqDkFmZsALagM9ACLcBGAsYHQ/s72-c-d/warringstates.jpg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2020/07/persatuan-orang-mengalahkan-kesempatan.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2020/07/persatuan-orang-mengalahkan-kesempatan.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy