|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Permuliakanlah Tuhan

Permuliakanlah Haotian. Tuhan Yang Maha Besar. Hitung dan lukiskanlah peredaran matahari, bulan, bintang dan rasi bintang; dan dengan penuh hormat.

钦若昊天   
(qīn ruò hào tiān)   


oleh: Suyena Adegunawan (陳書源 Tan Su Njan)   |   


GENTAROHANI.COM— 《书经) 》- Shujing atau 《尚书》- Shang Shu KITAB DOKUMEN SEJARAH
BAGIAN I. 《唐书》TANG SHU, (KITAB NEGERI TANG), I. 《尧典》Yao Tian (Tata Hukum Baginda Yao) Bab II, Pasal 3:
乃命羲和,钦若昊天,历象日月星辰,敬授人时。
nǎi mìng xī hé qīn ruò hào tiān lì xiàng rì yuè xīng chén jìng shòu rén shí

Baginda berkata kepada Xi dan He, "Permuliakanlah Haotian (昊天). Tuhan Yang Maha Besar. Hitung dan lukiskanlah peredaran matahari, bulan, bintang dan rasi bintang; dan dengan penuh hormat berikanlah keterangan tentang musim-musim itu kepada Rakyat."

Xi adalah 羲氏 Xi Shi; Keluarga Xi.

He adalah 和氏 He Shi, Keluarga He.

Xi Shi dan He Shi adalah keluarga ahli perbintangan (astronomi) pada Zaman Raja Purba Yao, tugasnya adalah menjelaskan gejala alam kepada rakyat untuk pertanian.

Yang dimaksud 羲氏 Xi Shi; Keluarga Xi ada 2 orang:
  1. Xi Zhong (羲仲)  Putera Kedua Dari Keluarga Xi (II.4.) tinggal di timur Yu Yi (嵎夷), di lembah yang disebut Yang Gu (旸谷), Lembah Terang, dan di sana dengan penuh hormat menyambut terbit matahari (出日), serta menyesuaikan mengatur kerja, mengatur kerja di Timur (musim semi).
  2. Xi Shu (羲叔) Putera Ketiga Dari Keluarga Xi, II.5. berdiam di Nan Jiao (南交), mengatur perubahan di Selatan (musim panas 平秩南讹) dan dengan penuh hormat memperhatikan saat bayangan paling terbatas "Saat itu," titahnya, "Hari adalah terpanjang (日永), bintangnya di Huo (火); engkau akan dapat menetapkan secara tepat pertengahan musim panas. Rakyat makin berpencar, burung dan hewan berganti bulu."

Yang dimaksud 和氏 He Shi, Keluarga He ada 2 orang:
  1. He Zhong (和仲) (II.6.) Putera Kedua Dari Keluarga He berdiam di Barat (西), di tempat yang bernama Mei Gu (昧谷), Lembah Gelap, dan di sana dengan penuh hormat mengantar matahari terbenam (寅饯纳日), serta menyesuaikan, mengatur penggenapan pekerjaan di Barat (musim rontok 平秩西成). "Saat itu," titahnya, "Malam memiliki panjang menengah, bintangnya di Xi (虚), engkau akan dapat menetapkan secara tepat pertengahan musim rontok. Rakyat mulai merasa tenang; burung dan hewan pulih baik bulunya."
  2. He Shu (和叔) (II.7.) Putera Ketiga Dari Keluarga He, berdiam di daerah Utara (朔), di ibukota yang bernama You Du (幽都). Ibukota Suram, serta menyesuaikan, memeriksa perubahan di Utara (Musim Dingin). "Suatu saat," titahnya, "Hari adalah terpendek (日短) dan bintangnya di Mao (昴); engkau akan dapat menetapkan secara tepat pertengahan musim dingin (正仲冬). Rakyat berdiam di rumahnya; burung dan hewan berbulu tebal."

Raja Yao memerintahkan kepada Keluarga Xi dan Keluarga He, demi nama Haotian (昊天) yang menguasai dan mengatur alam semesta untuk menghitung dan melukiskan peredaran matahari, bulan, bintang dan rasi bintang (历象日月星辰); dan dengan penuh hormat li 礼menjelaskan kepada rakyat keterangan tentang musim-musim (敬授人时).

Kegiatan pokok hidup manusia selalu digantungkan kepada alam semesta sudah terjadi sejak Nabi Purba 伏羲 Fu Xi

Dalam 《易经》 Yijing, Kitab Perubahan Bab II Sejarah Peradaban Pasal 11 (kutipan).
古者包牺氏之王天下也,仰则观象于天,俯则观法于地,
gǔ zhě bāo xī shì zhī wáng tiān xià yě yǎng zé guān xiàng yú tiān fǔ zé guān fǎ yú dì

Pada zaman dahulu kala, Baginda Po Hi (包犧) (2952-2838 SM) memerintah di bawah langit itu; beliau menengadah memeriksa berbagai SIANG (象), peta di langit (benda-benda bercahaya: matahari, bulan, bintang, rasi bintang dan sebagainya); dan menunduk memeriksa berbagai hukum/pola yang ada di bumi.

Dari pengamatan gejala alam 自然现象 (zì rán xiàn xiàng)—perubahan, Nabi Fu Xi mendapatkan hukum alam 自然法则 (zì rán fǎ zé)—tetap. Hal ini merupakan bahan pokok dalam penyusunan 《易经》 Yijing, Kitab Perubahan.

Dalam Kitab Klasik Rujia, kata 时 (shí) artinya musim. Dengan istilah zaman sekarang 季节 (jì jié), waktu setahun dibagi 4 musim: 春夏秋冬 (chūn xià qiū dōng) musim semi, panas, gugur, dingin, kalau dibagi lebih rinci menjadi 24 titik cuaca atau jieqi 节气 (jié qi) masing-masing 15 hari. Dalam menjalankan pemerintahan, masalah musim menjadi dasar pertimbangan dalam kebijakan pemerintah.

《论语》学而 - xué ér – Sabda Suci I Belajar, Pasal 5.
子曰:「道千乘之国:敬事而信,节用而爱人,使民以时。」
zǐ yuē dào qiān shèng zhī guó jìng shì ér xìn jié yòng ér ài rén shǐ mín yǐ shí

Nabi bersabda: "Mengatur negeri yang mempunyai seribu kereta perang harus hormat kepada tugas dan dapat dipercaya, hemat dalam anggaran belanja dan mencintai sesama manusia, memerintah rakyat hendaklah disesuaikan dengan waktunya."

使民以时 (shǐ mín yǐ shí) rakyat membayar pajak kepada negara dengan tenaga (kerja bakti), waktu kerja berdasarkan musim ketika waktu luang sesuai dengan kondisi agraris/perubahan musim, negara memberi kesempatan kepada petani untuk menggarap sawah waktu musim tanam, juga musim panen.

Kitab Liji 《礼记》- Catatan Kesusilaan adalah sejarah upacara ritual yang dilakukan di Kerajaan Zhou, Zhou Li 周礼. Tian Zi 天子 atau Raja atau Kaisar adalah pemegang Mandat dari Tuhan (Tian Ming 天命), hanya ada seorang 周天子 Zhou Tian Zi, dibawahnya ada negara-negara 诸侯国 Zhuhou Guo yang diperintah oleh 诸侯 Zhuhou atau 国君 Guo Jun atau Raja Muda. 


Menurut《礼记》- Liji - Catatan Kesusilaan. Buku ke-3 王制 - Wang Zhi Peraturan Kerajaan Ong Ci. Pasal 3.5. Raja diwajibkan sembahyang berdasarkan musim:
天子、诸侯宗庙之祭:春曰礿,夏曰禘,秋曰尝,冬曰烝。
tiān zǐ zhū hóu zōng miào zhī jì chūn yuē yuè xià yuē dì qiū yuē cháng dōng yuē zhēng

Upacara sembahyang yang dilakukan di Miao leluhur (Zong Miao) Tianzi dan para Rajamuda yang dilakukan pada musim semi (Chun) dinamai Yue; yang dilaksanakan pada musim panas, dinamai Di. Yang dilaksanakan pada musim rontok dinamai Chang, dan yang dilaksanakan pada musim dingin dinamai Zheng.


国泰民安,风调雨顺。
(guó tài mín ān fēng tiáo yǔ shùn)

Jika Raja dengan penuh iman melaksanakan sembahyang musim, menurut kepercayaan rakyat Tiongkok "Negara akan menjadi kuat dan rakyat aman, angin bertiup hujan turun sesuai kebutuhan pertanian". (bwt)


KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,56,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,34,LORONG,37,NOT,1,PILIHAN,68,SANGGURDI,5,SEPATU,5,TOPI,21,TSN,56,TSUN,4,USL,46,VIDEO,24,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,9,ZEF,13,ZEVA,1,ZKG,20,
ltr
item
Genta Rohani: Permuliakanlah Tuhan
Permuliakanlah Tuhan
Permuliakanlah Haotian. Tuhan Yang Maha Besar. Hitung dan lukiskanlah peredaran matahari, bulan, bintang dan rasi bintang; dan dengan penuh hormat.
https://cdn.pixabay.com/photo/2020/06/21/16/08/seedlings-for-planting-5325679_1280.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-zfJc5vweQK8/XzuIi8jjMyI/AAAAAAAAAOg/u8X-sQ8utEYG8bvu_BAowcyWwNF8S8hggCLcBGAsYHQ/s72-c-d/four-seasons.jpg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2020/08/permuliakanlah-tuhan.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2020/08/permuliakanlah-tuhan.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy