|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Mari Kita Jaga Hutan Kita

oleh:  Uung Sendana Linggaraja     |      GENTAROHANI.COM— Hampir setiap tahun, di Indonesia terjadi kebakaran hutan dan disinyalir di ...

[feature]

oleh: Uung Sendana Linggaraja   |   


GENTAROHANI.COM—Hampir setiap tahun, di Indonesia terjadi kebakaran hutan dan disinyalir di samping karena faktor cuaca, kebakaran tersebut terjadi karena faktor kesengajaan, dengan motif ekonomi yang melibatkan korporasi besar dan masyarakat serta oknum-oknum pejabat atau petugas keamanan yang dilakukan secara sistematis, terstruktur, dan terencana.

Beberapa bulan yang lalu terjadi kebakaran hutan Amazon. Demikian pula terjadi kebakaran hutan di berbagai penjuru dunia. Alasan yang mengemuka hampir sama dengan apa yang terjadi di Indonesia.

Mengapa kebakaran hutan meluas? Alasannya memang kompleks. Namun para ahli kini menunjuk hubungan jelas antara meningkatnya risiko kebakaran hutan dan suhu lautan yang lebih hangat sebagai dampak dari perubahan iklim.

Gas rumah kaca yang dihasilkan manusia telah memicu peningkatan suhu rata-rata bumi sekira satu derajat Celcius sejak abad ke-19. Permukaan laut menghangat sekira 0,8 derajat Celcius. Semakin hangat samudra, semakin sedikit energi dan CO2 yang dapat diserap dan disimpan oleh air dari atmosfer.

Konsekuensinya bisa sangat menghancurkan. Jika laut terus menghangat, itu akan memiliki dampak besar pada sistem iklim, mulai dari suhu ekstrem, badai, kekeringan, hingga banjir dan musim hujan yang panjang.

Sekira 96% kebakaran hutan, baik disengaja maupun tidak sengaja, disebabkan oleh manusia. Hanya 4% kebakaran yang terjadi secara alami; misalnya karena sambaran petir, seperti yang disebutkan dalam sebuah laporan WWF.

Di Indonesia, lebih 27 juta hektar hutan telah dihancurkan sejak 1990 untuk industri kertas dan kelapa sawit.

Kebakaran hutan pada gilirannya akan meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer. Menurut kelompok lingkungan Greenpeace, sekira 8 miliar ton CO2 dilepaskan oleh api setiap tahunnya.

Dalam ketidakpercayaan dan ketidakpedulian Presiden dan para regulator AS terhadap perubahan iklim yang terjadi di bumi, perekonomian dan keuangan Amerika Serikat akan terpengaruh negatif oleh perubahan iklim yang terjadi.

Perubahan iklim akibat ulah manusia akan berdampak negatif terhadap perekonomian dan keuangan negara-negara di dunia baik jangka menengah maupun panjang, walaupun untuk jangka pendek beberapa negara mungkin menerima dampak perekonomian 'baik' atas proses deforestasi dan 'pembakaran' hutan.

Deforestasi, kebakaran hutan, efek rumah kaca dan perubahan iklim mengikuti siklus San Cai—Tian Di Ren yang akan terus bergulir saling terpengaruh dan mempengaruhi. Apa yang manusia lakukan akan berdampak terhadap alam. Apa yang terjadi pada alam akan kembali berbalik dan berdampak pada manusia, itu sudah merupakan Tian Li (Hukum Tian). Pada akhirnya rahmat dan berkah atau bencana dan musibah merupakan sebab akibat atas apa yang dilakukan manusia baik langsung maupun tak langsung.

Dengan sederhana dan bijak, Nabi Kongzi dan murid-muridnya mengingatkan kita dalam Liji (Catatan Kesusilaan) agar menebang pohon tepat pada waktunya dan tepat pada 'usianya'. Semua yang Beliau sabdakan terkait dengan San Cai.

Menjaga hutan dan memanfaatkan hutan untuk kemaslahatan manusia tidaklah sekali-kali dapat dilakukan dengan melanggar Tian Li dalam siklus San Cai.

Adalah langkah yang bijaksana dan sesuai kemanusiaan kita saat kita memperhatikan keseimbangan alam. 



Membakar hutan atau menebang hutan dengan tanpa memperhatikan kelestarian alam dan hayati di dalamnya dengan alasan apapun adalah tindakan yang tidak bertanggung jawab dan dampaknya akan manusia rasakan entah dalam jangka pendek, menengah maupun panjang. Entah kita yang merasakan atau anak cucu kita yang merasakan. Entah lingkungan terkecil tempat kita hidup yang merasakan dampaknya atau seluruh dunia yang akan merasakan. Entah diri kita dan keluarga kita yang merasakan atau seluruh umat manusia yang akan merasakan.

Sekarang, apa yang telah kita lakukan dan masyarakat negara-negara lain lakukan beberapa dekade yang lalu terhadap hutan mulai menunjukkan dampak negatif pada kehidupan dan mengancam kehidupan di bumi.

Adalah langkah bijak bagi kita untuk terus mengikuti sabda para Nabi dalam menjaga lingkungan hidup, termasuk hutan kita agar kehidupan yang merupakan anugerah dan tanggung jawab Tian bagi kita umat manusia dapat terus dijaga dan tidak disia-siakan.

Marilah menjadi umat manusia yang dapat menjaga anugerah dan tanggung jawab yang telah Tian berikan pada kita. Menjaga marwah kita sebagai makhluk termulia. Bukan makhluk yang sewenang-wenang karena merasa diri sebagai penguasa bumi.

"Apa yang datang darimu akan kembali padamu," Yasheng Mengzi Sang Penegak menandaskan  yang dikatakan Zengzi seperti dapat kita baca dalam kitab Mengzi IB: 12.2  (bwt)


KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,56,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,34,LORONG,37,NOT,1,PILIHAN,68,SANGGURDI,5,SEPATU,5,TOPI,21,TSN,56,TSUN,4,USL,46,VIDEO,24,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,9,ZEF,13,ZEVA,1,ZKG,20,
ltr
item
Genta Rohani: Mari Kita Jaga Hutan Kita
Mari Kita Jaga Hutan Kita
https://cdn.pixabay.com/photo/2016/07/13/11/42/hirsch-1514233_1280.jpg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2020/09/mari-kita-jaga-hutan-kita.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2020/09/mari-kita-jaga-hutan-kita.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy