|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Xian Tian dan Hou Tian

Apakah makna dari kata Xian Tian dan Hou Tian yang sering kita temui ketika mempelajari Ba Gua?

先天与后天   
(xiān tiān yǔ hòu tiān)


oleh: Suyena Adegunawan (陳書源 Tan Su Njan)   |   


GENTAROHANI.COM— Ketika mempelajari Ba Gua 八卦 kita menemukan istilah 先天八卦 dan 后天八卦, dalam tulisan ini kita akan mempelajari kata Xian Tian 先天 (xiān tiān) dan Hou Tian 后天 (hòu tiān). 

Kedua kata ini berasal dari 《易经》Kitab Yijing, 第一卦 Hexagram 1. 乾 - Qian - 乾为天 (qián wéi tiān)《文言》Babaran Rohani:
夫大人者、与天地合其德,与日月合其明,与四时合其序,
fū dà ren zhě yǔ tiān dì hé qí dé yǔ rì yuè hé qí míng yǔ sì shí hé qí xù

与鬼神合其吉凶,先天而天弗违,后天而奉天时。
yǔ guǐ shén hé qí jí xiōng xiān tiān ér tiān fú wéi hòu tiān ér fèng tiān shí

天且弗违,而况于人乎?况于鬼神乎?
tiān qiě fú wéi ér kuàng yú rén hū kuàng yú guǐ shén hū

Adapun orang besar itu ialah yang berpadu Kebajikan dengan langit dan bumi; berpadu gemilang dengan matahari dan bulan; berpadu keteraturan dengan ke empat musim; berpadu rakhmat dan nahas dengan nyawa dan rokh; ia boleh di depan Tian 先天, Tuhan Yang Maha Esa, dan Tian 天 tidak menghalanginya; ia boleh di belakang Tian 后天, dan mengikuti waktu yang diridhoi Tian 天. Bila Tian 天, tidak menghalanginya, apalagi manusia, apalagi nyawa dan roh.


Seorang Junzi harus menegakkan Empat Keharmonisan 四合 (sì hé), yang paling utama adalah menyerasikan Kebajikannya dengan Langit dan Bumi, inilah Kebajikan Sejati 德性 (dé xìng). 

Berikutnya menyerasikan Gemilang 光明 (guāng míng) dengan Matahari dan Bulan, menyerasikan Keteraturan dengan ke Empat Musim 四时的时序 (sì shí de shí xù), menyerasikan Rakhmat dan Nahas dengan Nyawa dan Roh 鬼神的吉凶 (guǐ shén de jí xiōng).

先天 Xian Tian, artinya perilaku manusia di depan hukum alam 先于自然规律 (xiān yú zì rán guī lǜ) atau Jalan Suci Tuhan 天道 (tiān dào)

Sejak kelahirannya dalam diri manusia sudah ada dorongan untuk berperilaku inisiatif; dalam istilah bahasa Tionghoa disebut 有先见之明 (yǒu xiān jiàn zhī míng) dapat melihat terang di muka atau 先于天时而行事 (xiān yú tiān shí ér xíng shì) bertindak mendahului waktu yang ditentukan oleh Tuhan. 

Jejak langkahnya dan perubahan-perkembangannya berada di Jalan Suci Tuhan 天道 Tian Dao, tidak ada perilaku dan perkataan yang melawan 违背 (wéi bèi) fungsi alam 自然功能 (zì rán gōng néng). 

Dengan kata lain 先天 berarti bawaan, naluri, sejak lahir sudah ada 自出生即存在 (zì chū shēng jí cún zài) atau sejak lahir sudah mulai 自出生開始的 (zì chū shēng kāi shǐ de)

Dalam Bahasa Inggris disebut congenital, nature, innateness.

后天 artinya perilaku manusia di belakang hukum alam 后于自然规律 (hòu yú zì rán guī lǜ) atau Jalan Suci Tuhan. Jejak langkahnya dan perubahan-perkembangannya selalu dimulai dengan mempelajari hukum alam. 

Orang yang berjiwa 后天 selalu dengan teliti mempelajari gejala alam, dari gejala alam baru dipikirkan apa kehendak Tuhan, setelahnya melakukan tindakan sesuai dengan kehendak Tuhan. Dalam pengambilan keputusan dilakukan melalui studi yang mendalam, pertimbangan dari banyak segi.

Baik 先天 maupun 后天 selama perilakunya menghormati Jalan Suci Tuhan 尊奉天道 (zūn fèng tiān dào), hasilnya adalah keberuntungan 吉祥 (jí xiáng).

Sejalan dengan pengertian 先天 dan 后天 dalam 《论语》Lun Yu 季氏 - Ji Shi - Sabda Suci XVI Keluarga Bangsawan Ji, Pasal 9, disebutkan beberapa kategori manusia yang bijaksana sejak lahir, bijaksana setelah belajar.
孔子曰:「生而知之者,上也;学而知之者,次也;困而学之,
kǒng zǐ yuē shēng ér zhī zhī zhě shàng yě xué ér zhī zhī zhě cì yě kùn ér xué zhī

又其次也;困而不学,民斯为下矣。」
yòu qí cì yě kùn ér bù xué mín sī wéi xià yǐ
Nabi Kongzi bersabda: "Orang yang sejak lahir sudah bijaksana, inilah orang tingkat teratas. Orang yang belajar lalu bijaksana, ialah orang tingkat ke dua. Orang yang setelah menanggung sengsara lalu insaf dan mau belajar, inilah orang tingkat ketiga. Dan orang yang sekalipun sudah menanggung sengsara, tetapi tidak mau insaf untuk belajar, ialah orang yang paling rendah di antara rakyat." (bwt)


KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,81,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,50,LORONG,58,NOT,1,PILIHAN,117,SANGGURDI,7,SEPATU,8,TOPI,23,TSN,78,TSUN,4,USL,73,VIDEO,32,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,13,ZEF,23,ZEVA,1,ZKG,28,
ltr
item
Genta Rohani: Xian Tian dan Hou Tian
Xian Tian dan Hou Tian
Apakah makna dari kata Xian Tian dan Hou Tian yang sering kita temui ketika mempelajari Ba Gua?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsF8fGp7_P8O_c7jSxOBNYG40c8pqV7dvcYVEq0CODyM6lZhE-Hso03xALl_A2soaZS1oyeB5IviukDXZsCpyl4v_JM50nK2VmeT3rEo7Z9mARDxuw8fApkwtQqDzVb0zMBamcTCbT5S6r/s16000/bagua.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsF8fGp7_P8O_c7jSxOBNYG40c8pqV7dvcYVEq0CODyM6lZhE-Hso03xALl_A2soaZS1oyeB5IviukDXZsCpyl4v_JM50nK2VmeT3rEo7Z9mARDxuw8fApkwtQqDzVb0zMBamcTCbT5S6r/s72-c/bagua.jpg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2020/10/xian-tian-dan-hou-tian.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2020/10/xian-tian-dan-hou-tian.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy