|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Separuh Kitab Lunyu Mengendalikan Dunia

Tiap hari ketika Zhao Pu pulang dari tugas, dia menutup diri di kamarnya, sepanjang hari diam-diam dia membaca buku.

半部《论语》治天下   
(bàn bù lún yǔ zhì tiān xià)


oleh: Suyena Adegunawan (陳書源 Tan Su Njan)   |   


GENTAROHANI.COM— Ungkapan judul di atas ada dalam buku 《鹤林玉露》 (hè lín yù lù) Dari Hutan Bangau Keluar Batu Giok yang ditulis pada zaman Dinasti Song oleh 罗大经 (luó dà jīng, 1196-1252).

Ketika 赵匡胤 (zhào kuāng yìn, 927-976 M) berjuang menumbangkan Dinasti Tang, mendirikan Dinasti Song, ada pembantu militer yang bernama 赵普 (zhào pǔ).

Zhao Pu berasal dari keluarga miskin, tidak ada kesempatan belajar kitab klasik seperti anak keluarga bangsawan. Karena kuatnya semangat belajar, maka ia belajar bela diri. Kemampuan baca tulisnya dipelajari saat belajar bela diri.

Karena Zhao Pu berjuang dengan sepenuh hati dan sekuat tenaga 尽心尽力 (jìn xīn jìn lì) serta mengabdi dengan setia, jujur, dan tulus 忠心耿耿 (zhōng xīn gěng gěng). Setelah Zhao Kuangyin menjadi raja pertama Dinasti Song dengan gelar 宋太祖 (song tài zǔ), ia mengangkat Zhao Pu sebagai Perdana Menteri 宰相 (zǎi xiàng) pertama Dinasti Song.

Di bawah pimpinan Zhao Pu, pemerintahan berjalan baik, berhasil mengembangkan kehidupan 生存发展 (sheng cún fā zhǎn), memakmurkan rakyat 繁荣富庶 (fán róng fù shù). Dinasti Song melakukan ekspansi ke timur dan barat 东征西讨 (dōng zhēng xī tǎo) semua usaha maksudnya sukses 无不如意 (wú bù rú yì), sehingga Dinasti Song memegang hegemoni kekuasaan di Tiongkok, dalam literatur kuno seluruh daratan Tiongkok pada zaman itu disebut 天下 (tiān xià), atau dunia.

Pada tahun 976 Zhao Kuangyin meninggal dengan tiba-tiba. Karena tidak mempunyai keturunan, adiknya 赵匡义 (zhào kuāng yì) menggantikannya sebagai kaisar kedua Dinasti Song dengan gelar 宋太宗 (song tài zōng). 




Sejak zaman pemerintahan Song Tai Zu, publik mengetahui Zhao Pu hanya membaca Kitab Klasik Rujia 《论语》Lunyu, Sabda Suci; kitab lain tidak pernah dibacanya. 

Mengingat Zhao Pu adalah tangan kanan Song Tai Zu, waktu itu tidak ada yang berani mengungkapnya. Raja kedua Zhao Kuangyi bertanya kepada Zhao Pu, kebenaran isu ini. 

Dengan tidak ada yang disembunyikan Zhao Pu menjawab:
臣平生所知,诚不出此,昔以其半辅太祖(赵匡胤)定天下,
chén píng shēng suǒ zhī chéng bù chū cǐ xī yǐ qí bàn fǔ tài zǔ (zhào kuāng yìn) dìng tiān xià

今欲以其半辅陛下致太平。
jīn yù yǐ qí bàn fǔ bì xià zhì tài píng

Terjemahan:

Yang saya tahu dalam keseharian, setulusnya berkata di sini, dengan mempelajari setengah bagian itu saya membantu Tai Zu (Zhao Kuangyin) mengatur dunia. Sekarang berencana dengan setengah bagian itu membantu Paduka memperoleh perdamaian besar.
贫者因书而富,富者因书而贵,贵者因书而守成。
pín zhě yīn shū ér fù fù zhě yīn shū ér guì guì zhě yīn shū ér shǒu chéng 

Terjemahan:

Karena buku orang miskin jadi kaya, karena buku orang kaya jadi terhormat, karena buku orang terhormat jadi sukses.

Tiap hari ketika Zhao Pu pulang dari tugas, dia menutup diri di kamarnya, sepanjang hari diam-diam dia membaca buku, selama masih hidup tidak ada orang tahu buku apa yang dibacanya. 

Setelah meninggal, orang serumah baru tahu satu-satunya buku yang dibacanya adalah 20 bab Lunyu 二十篇《论语》(èr shí piān lún yǔ). Dari kondisi bukunya orang tahu bahwa yang kumal hanya sebagian, sebagian lainnya masih rapih. Maka orang berkesimpulan bahwa Kitab Lunyu yang dibacanya hanya sebagian.

Uraian ini mengingatkan pentingnya pelajaran Buku Klasik Rujia. (bwt)

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,73,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,50,LORONG,53,NOT,1,PILIHAN,104,SANGGURDI,7,SEPATU,8,TOPI,23,TSN,71,TSUN,4,USL,69,VIDEO,30,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,13,ZEF,23,ZEVA,1,ZKG,28,
ltr
item
Genta Rohani: Separuh Kitab Lunyu Mengendalikan Dunia
Separuh Kitab Lunyu Mengendalikan Dunia
Tiap hari ketika Zhao Pu pulang dari tugas, dia menutup diri di kamarnya, sepanjang hari diam-diam dia membaca buku.
https://cdn.pixabay.com/photo/2019/01/27/20/40/book-3958962_1280.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-w7zfBplnxLg/X8CNWHvAMvI/AAAAAAAAARk/UBpWz46jq1sIgbhqPjdgYw5faOVWb9czQCLcBGAsYHQ/s72-c/zhaopu.jpg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2020/11/separuh-kitab-lunyu-mengendalikan-dunia.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2020/11/separuh-kitab-lunyu-mengendalikan-dunia.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy