|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Berharap dan Bersiap

Kita bisa berharap tahun depan lebih baik, tapi kita harus bersiap menghadapi kemungkinan tahun depan lebih buruk lagi.


oleh: Etno Frandy   |   


GENTAROHANI.COM—
Tinggal beberapa hari lagi kita akan meninggalkan tahun 2020, tahun yang dirasakan hampir semua penduduk di dunia ini dengan perasaan yang mencekam dan penuh kekhawatiran. Datangnya pandemi COVID-19 yang tidak pernah diduga dan diramalkan telah memutarbalikkan semua kebiasaan dan tatanan kehidupan dunia.

Banyak penderitaan, korban yang meninggal, ekonomi yang terjerembab ke titik nadir. Kegelisahan dan ketidakpastian terus menghantui kita sepanjang tahun. Tidak semua yang menderita, ada beberapa yang tahun lalu sukses besar. Tapi hampir semua terdampak.

Bagaimana dengan tahun 2021? 

Kita boleh berharap tahun depan lebih baik, semoga kegelapan ini hilang, berganti cahaya terang. Vaksin sudah ditemukan, sudah masuk ke Indonesia walaupun masih kurang. Semoga cepat didistribusikan dan divaksinkan segera.

Kita berharap setelah divaksin, COVID-19 segera hilang. Kita bisa secepatnya fokus untuk memulihkan sektor ekonomi, pendidikan, sosial, agama, kembali seperti semula. Kehidupan kembali normal sedia kala.

Tapi apa yang terjadi? Di Inggris ditemukan COVID-19 yang telah bermutasi lebih cepat 70 persen penyebarannya, dan vaksin yang ditemukan kemungkinan tidak bisa menahan dari gempuran virus mutasi baru tersebut yang dinamakan B117. Inggris segera me-lock down negaranya, diikuti oleh negara-negara Eropa lainnya, yang juga melarang kedatangan dan bepergian ke Inggris.

Penyebaran B117 baru sangat cepat, sudah ditemukan di beberapa negara Eropa, Afrika, Australia, dan Singapura negara tetangga kita. Indonesia segera melarang warga asing dan WNI dari Inggris masuk ke negara kita dan harus dikarantina beberapa hari.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson berkata, "Negara kita akan menghadapi situasi yang sulit." 

Kita bisa berharap tahun depan lebih baik, tapi kita harus bersiap menghadapi kemungkinan tahun depan lebih buruk lagi.

Nabi Kongzi bersabda," Bila orang tidak mau berpikir tentang kemungkinan yang masih jauh, kesusahan itu tentu sudah berada didekatnya."

Selamat tinggal tahun 2020, banyak pelajaran yang telah kita dapat. 

Selamat datang tahun 2021 banyak pelajaran lagi yang akan kita hadapi.

Saya ingin sembahyang, memohon Tian lindungilah negeri ini. (bwt)


Covid segera pergi,
Ekonomi bangkit lagi.
Kehidupan normal kembali,
Indonesia damai dan abadi.


KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,77,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,50,LORONG,54,NOT,1,PILIHAN,109,SANGGURDI,7,SEPATU,8,TOPI,23,TSN,76,TSUN,4,USL,69,VIDEO,30,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,13,ZEF,23,ZEVA,1,ZKG,28,
ltr
item
Genta Rohani: Berharap dan Bersiap
Berharap dan Bersiap
Kita bisa berharap tahun depan lebih baik, tapi kita harus bersiap menghadapi kemungkinan tahun depan lebih buruk lagi.
https://cdn.pixabay.com/photo/2018/03/07/17/15/balloon-3206530_1280.jpg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2020/12/berharap-dan-bersiap.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2020/12/berharap-dan-bersiap.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy