|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Tidak Menonjolkan Diri

Sikap rendah hati adalah salah satu nilai penting dari seorang Junzi.

不伐   
(bù fá)


oleh: Suyena Adegunawan (陳書源 Tan Su Njan)   |   


GENTAROHANI.COM—Di Negara Lu 鲁, pemerintahan dikuasai oleh keluarga bangsawan masing- masing, mereka adalah Ji Sun Shi 季孙氏, Meng Sun Shi 孟孙氏 dan Shu Sun Shi 叔孙氏.

Pada tahun 484 SM, Negara Lu berperang dengan Negara Qi 齐. Dalam perang ini, tentara Lu berasal dari Keluarga Bangsawan Ji Sun Shi, komandan tentara adalah murid Nabi Kongzi yang bernama Ran Qiu 冉求 memimpin tentara dalam perang di sayap kiri. Tentara yang berasal dari Keluarga Bangsawan Meng Sun Shi dan Shu Sun Shi dipukul oleh tentara Qi bubar berhamburan. 

Meng Zhi Fan 孟之反 adalah jenderal dari Negara Lu berasal dari Shu Sun Shi memimpin tentara di sayap kanan. Ketika Tentara Lu menyerang pasukan Qi, sayap kanan tentara Lu kacau balau, mereka dikejar oleh tentara Qi, akhirnya Negara Lu kalah perang.

《论语》Lun Yu - 雍也 - Yong Ye - Sabda Suci VI; Pasal 15

子曰:「孟之反不伐,奔而殿。将入门,策其马,
zǐ yuē mèng zhī fǎn bù fá bēn ér diàn jiāng rù mén cè qí mǎ

曰:『非敢后也,马不进也。』」
yuē fēi gǎn hòu yě mǎ bù jìn yě

Nabi bersabda: "Sungguh Meng Zhi Fan tidak suka menonjol-nonjolkan diri, (pada waktu tentaranya menderita kekalahan) ia berjalan di belakang untuk melindungi barisan. Setelah di muka pintu gerbang kota, dicambuklah kudanya dan berkata: 'Bukan keberanianku untuk di belakang, hanya kuda ini tidak dapat lari cepat-cepat.'"

Ketika pulang ke barak, Meng Zhi Fan berinisiatif berada di paling belakang pasukan, tujuannya adalah untuk melindungi pasukan yang di depannya dari serangan tentara Qi di belakang.

Sampai di pintu tembok kota, dia mengeluarkan anak panah untuk memukul kudanya, katanya, "Saya berada di paling belakang karena kudaku tidak mau berjalan di depan."

Ketika terjadi perang, Meng Zhi Fan dengan seekor kuda berada di paling depan pasukan 一马当先 (yì mǎ dāng xiān) sebagai simbol keberanian. Ketika tentara harus kabur ke barak, semua berlomba untuk sampai lebih dahulu, pemimpin tentara berada di paling belakang untuk meyakinkan pasukannya dalam keadaan baik. Sikap ini tidak dinyatakan secara eksplisit oleh Meng Zhi Fan, dia mencambuk kudanya dengan anak panah mengatakan kudanya yang lamban berjalan, karena dia tidak ingin menunjukkan jasanya.

Cerita di atas selengkapnya terdapat dalam Chunqiu Zuochuan 《春秋左传》Kitab Sejarah Zaman Musim Semi dan Musim Rontok, Riwayat Keluarga Zuo 哀公十一年 (āi gōng shí yī nián) Masa Pemerintahan Rajamuda Lu Ai Gong Tahun Kesebelas:
十一年,春,齐为鄎故,国书,高无平,帅师伐我,及清,
季孙谓其宰冉求,曰,齐师在清,必鲁故也,若之何,求曰,一子守,
二子从,公御诸竟,季孙曰,不能,求曰,居封疆之间,
季孙告二子,二子不可,求曰,若不可,则君无出,一子帅师,
背城而战,不属者,非鲁人也,鲁之群室,众于齐之兵车,
一室敌车,优矣,子何患焉,二子之不欲战也,宜政在季氏,
当子之身,齐人伐鲁,而不能战,子之耻也,大不列于诸侯矣,
季孙使从于朝,俟于党氏之沟,武叔呼而问战焉,
对曰,君子有远虑,小人何知,懿子强问之,对曰,小人虑材而言,
量力而共者也,武叔曰,是谓我不成丈夫也,退而蒐乘,
孟孺子泄帅右师,颜羽御,邴泄为右,冉求帅左师,
管周父御,樊迟为右,季孙曰,须也弱,有子曰,就用命焉,
季孙之甲七千,冉有以武城人三百,为己徒卒,老幼守宫,
次于雩门之外,五日,右师从之,公叔务人见保者而泣曰,
事充政重,上不能谋,士不能死,何以治民,吾既言之矣,
敢不勉乎,师及齐师战于郊,齐师自稷曲,师不逾沟,樊迟曰,
不能也,不信子也,请三刻而逾之,如之,众从之,
师入齐军,右师奔,齐人从之,陈瓘,陈庄,涉泗,孟之侧后入,
以为殿,抽矢策其马曰,马不进也,林不狃之伍曰,走乎,不狃曰,
谁不如,曰,然则止乎,不狃曰,恶贤,徐步而死,师获甲首八十,
齐人不能师,宵谍曰,齐人遁,冉有请从之,三季孙弗许,
孟孺子语人曰,我不如颜羽,而贤于邴泄,子羽锐敏,
我不欲战而能默,泄曰,驱之,公为与其嬖僮汪锜乘,
皆死皆殡,孔子曰,能执干戈以卫社稷,可无殇也,
冉有用矛于齐师,故能入其军,孔子曰,义也。
Tahun ke-11, musim Semi, sebagaimana pengumuman Negara Qi, Guo Shu dan Gao Wuping memimpin tentara menyerang negara kita (Lu).

Selagi mereka masih di QingJi Sun bicara kepada pembantunya Ran Qiu, "Pasukan Qi di Qing, pasti akan ke Lu, apa yang dapat dilakukan? 

Qiu menjawab, "Salah satu Keluarga Bangsawan berjaga dan 2 Keluarga Bangsawan menyertai Raja Muda ke perbatasan."

Ji Sun menjawab, "Tidak bisa." 

Qiu berkata, "Tahan perbatasan dari dalam."

Ji Sun melapor kepada 2 Keluarga Bangsawan lain, keduanya tidak bersedia. 

Maka Qiu berkata, "Kalau tidak dapat dilakukan, jangan sampai Raja Muda keluar, salah seorang Keluarga Bangswan memimpin pasukan dan berperang di belakang benteng, orang yang tidak tidak mengikutinya tidak lagi dianggap warga Lu, warga istana dan rakyat Lu lebih dari tentara berkereta dari Qi.

Warga dari satu istana sudah bisa melawan satu kereta tentara, apa yang dikuatirkan oleh keluarga bangsawan? Dua keluarga bangsawan jika tidak mengharapkan berperang, tetapi pemerintahan berada di Keluarga Ji.

Sekarang berada di pundak kalian, jika Negara Qi menyerang Negara Lu dan keluarga bangsawan tidak dapat berperang, suatu hal yang memalukan, tidak menguntungkan bagi kedudukan negara di antara raja-raja muda."

Ji Sun minta agar mengikuti ke istana, menunggu dekat saluran air di Keluarga Dang, Wu Shu berseru dan bertanya tentang perang.

Dijawab, jika raja muda ada kekuatiran sampai sejauh itu, apa perlunya orang kecil seperti saya mengetahui? 

Yi Zi (Meng Yi Zi) bermaksud menjawab, tetapi dijawab, "Orang kecil berkata sesuai dengan kemampuannya, menyerahkan tenaga sesuai dengan kemampuannya."

Wu Shu berkata, "Boleh dikatakan saya bukan orang besar," setelah itu dia pun mundur dan memeriksa kereta perang.

Meng Ru Zi membawa pasukan di sebelah kanan dengan Yan Yu sebagai kusirnya, Bing Xie berada di kanan, Ran Qiu memimpin pasukan di sebelah kiri, dengan Guan Zhoufu sebagai kusir, Fan Chi di sebelah kanan. 

Ji Sun berkata, "Xu (Fan Chi) lemah." 

You Zi (Ran Qiu) berkata, "Dia bisa bertindak sesuai perintah."

Tentara Keluarga Ji Sun ada 7.000 orang, Ran You memilih 300 orang dari Wucheng, dengan dirinya semua jalan kaki, tua dan muda menjaga istana, dan tentara lainnya menjaga di luar Benteng Yu, lima hari mengikuti tentara sebelah kanan. 

Gongshu bekerja untuk orang menemui orang yang mempertahankan kota sambil menangis berkata, "Tugas pemerintahan bermacam-macam dan berat, atasan kita tidak dapat merencanakan, pejabat kita tidak dapat mati. Bagaimana bisa mengatur pemerintahan? 

Saya baru mengatakan, apakah tidak berbuat yang terbaik? Tentara berperang dengan tentara Qi di luar kota, tentara Qi datang dari Ji Qu, tentara tidak akan melintas saluran." 

Fan Chi berkata, "Orang tidak bisa melintas, tetapi orang tidak percaya dengan kamu, tolong kasih tahu tiga kali baru melintas." 

Maka demikianlah, massa mengikutinya.

Tentara masuk ke Qi. Tentara di sebelah kanan melarikan diri, tentara Qi mengejarnya, Chen Guan dan Chen Zhuang menyeberangi Sungai Si. 

Meng Zhi Ce (Meng Zhi Fan) terakhir datang. Berada di paling belakang, dia mengambil anak panah dan memukulkan kepada kudanya, berkata, "Dia tidak mau di depan."

Pasukan Lin Buniu berkata, "Jalanlah, dengan siapa kita tidak cocok? Siapa yang tidak masuk?"

Dijawab, "Itu tidak akan menjadi tindakan berharga, tidak ada yang cocok, tidak senang kebaikan, mereka bergerak lamban dan semuanya tewas." 

Tentara menahan 80 anggota pasukan. Tentara Qi tidak dapat menenangkan diri, mereka mengeluarkan kata-kata bahwa tentaranya mundur, Ran You mengusulkan untuk mengikuti, tetapi keluarga bangsawan Ji Sun tidak mengijinkan.

Meng Ru Zi berkata, "Saya tidak sama dengan Yan Yu, tetapi lebih baik daripada Bing Xie, Zi Yu penuh semangat dan kesungguhan. Saya tidak mau berperang tetapi dapat menenangkan."

Xie berkata, "Berikan kendali kuda." 

Ia dan teman semasa muda Wang Yi bersama berkereta, mereka meninggal dan dimasukkan ke dalam peti mati. 

Nabi Kongzi bersabda, "Karena dia bisa memegang tombak dan melindungi pertahanan tanah air kita, dapat dikebumikan tanpa upacara."

Ran You menggunakan tumbak dari tentara Qi, dapat memasuki wilayahnya. 

Nabi Kongzi bersabda, "Itulah Kebenaran!"

Meng Zhi Fan berkata: "Bukan keberanianku untuk di belakang, hanya kuda ini tidak dapat lari cepat-cepat."








Di antara murid Nabi Kongzi ada Zi Lu, Ran Qiu, dan Fan Chi yang menjadi tentara dan memimpin pasukan di berbagai negara, ayat ini adalah ajaran rendah hati dari Nabi kepada para murid yang masuk militer, agar tidak menonjolkan jasanya.

Kalimat yang sama nadanya diucapkan oleh Yán yuān sebagai dikutip dari 《论语》Lun Yu - 公冶长 - Gongye Zhang - Sabda Suci V Pasal 26:
愿无伐善,无施劳。
yuàn wú fá shàn wú shī láo

Murid ingin tidak menonjolkan kebaikan diri dan memamerkan jasa.
(bwt)


KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,61,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,37,LORONG,42,NOT,1,PILIHAN,76,SANGGURDI,7,SEPATU,7,TOPI,23,TSN,62,TSUN,4,USL,52,VIDEO,24,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,9,ZEF,18,ZEVA,1,ZKG,21,
ltr
item
Genta Rohani: Tidak Menonjolkan Diri
Tidak Menonjolkan Diri
Sikap rendah hati adalah salah satu nilai penting dari seorang Junzi.
https://cdn.pixabay.com/photo/2018/01/22/14/13/animal-3099035_1280.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-jVUMQUehx38/X9m-l-PqPOI/AAAAAAAAASU/noMYddKCIP0vAwbH0EnKV_TSPp9hU8U7gCLcBGAsYHQ/s72-c/meng.jpg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2020/12/tidak-menonjolkan-diri.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2020/12/tidak-menonjolkan-diri.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy