|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Berlomba Tidak Berebut, Berkumpul Tidak Berkomplot

矜而不争,群而不党    (jīn ér bù zhēng qún ér bù dǎng) oleh:  Suyena Adegunawan (陳書源 Tan Su Njan)     |      GENTAROHANI.COM— Primer, dalam Ilm...

矜而不争,群而不党   
(jīn ér bù zhēng qún ér bù dǎng)


oleh: Suyena Adegunawan (陳書源 Tan Su Njan)   |   


GENTAROHANI.COM—Primer, dalam Ilmu Sosial selalu dimulai dengan pernyataan bahwa manusia adalah makhluk sosial, atau dalam Bahasa Latin dikatakan zoon politicon. Mau atau tidak mau manusia bagian dari masyarakat, minimal anggota dari keluarganya. Di sisi lain masyarakat terjadi jika ada kumpulan individu. Dalam dunia yang berkembang, anggota masyarakat tidak hanya individu, tetapi juga kelompok, sampai masyarakat internasional yang anggotanya adalah negara.

Dalam masyarakat dengan berbagai kelompok sosial—karena relasi yang berlain-lainan—orang selalu membentuk berbagai kelompok atau lingkaran kecil. Anggota di beberapa lingkaran kecil memiliki minat dan hobi yang sama, ada persamaan bahasa, simbol, peraturan yang dapat menjadi alat untuk bekerja sama saling memajukan, ini disebut berteman dengan orang yang berpikiran sama 志同道合 (zhì tóng dào hé), tetapi bukan klik (clique) atau geng. Keberadaan kelompok kecil seperti itu sifatnya baik, dapat meningkatkan perkembangan pribadi dan kemajuan sosial. 

Di samping itu ada kelompok yang mengarah ke pembentukan geng, kelompok kecil semacam ini dibentuk oleh beberapa jenis kepentingan. Semua kegiatannya untuk mendapatkan keuntungan, tetapi ada orang dengan minat atau kepentingannya berbeda. Mereka akan bersaing dengan segala cara sampai konflik, menggunakan cara yang buruk untuk menjatuhkan lawan. 

Geng seperti ini sangat banyak, seperti pemalak, penyamun, perampok, bahkan kelompok ekonomi seperti kartel atau trust, keberadaan mereka sangat merugikan masyarakat. Di wilayah tertentu jika ada dua atau lebih kelompok seperti ini, kepentingan mereka pasti menimbulkan konflik. Jika berlanjut terus, menimbulkan perselisihan dan konflik fisik horisontal. 

Konflik seperti ini, secara serius akan mempengaruhi tatanan sosial dan ketertiban organisasi normal, jika berlangsung lama, masyarakat mungkin terseret olehnya.

Agama Konghucu mengajarkan, menjatuhkan lawan dalam persaingan apalagi melalui konflik, adalah perbuatan yang harus dihindari. 

Dalam 《论语》Lunyu - 雍也 - Yong Ye - Sabda Suci VI; Pasal 30 ayat (3), disebutkan:
夫仁者,己欲立而立人,己欲达而达人。
fū rén zhě jǐ yù lì ér lì rén jǐ yù dá ér dá rén

Seorang yang berperi Cinta Kasih ingin dapat tegak, maka berusaha agar orang lain pun tegak; ia ingin maju, maka berusaha agar orang lain pun maju.

Masyarakat seperti apapun selalu ada tatanan organisasi, ada aturannya, paling sedikit ada yang memimpin dan yang dipimpin. Dalam pemilihan kepala atau ketua kelompok mulai yang paling rendah sampai pemilihan umum kepada negara, tidak sedikit cara-cara kekerasan, licik, intimidasi untuk menjatuhkan lawan, mempengaruhi pemilih. Cara ini bertentangan dengan Rujiao.

《论语》Lunyu -卫灵公篇 Wei Ling Gong - Sabda Suci XV, Pasal 22 menyatakan:
子曰:「君子矜而不争,群而不党。」
zǐ yuē jūn zǐ jīn ér bù zhēng qún ér bù dǎng

Nabi bersabda: "Seorang Junzi mau berlomba, tetapi tidak mau berebut. Mau berkumpul, tetapi tidak mau berkomplot."

Dari ayat ini kita dapat mengambil pelajaran bahwa bersaing dan berorganisasi merupakan keniscayaan, tetapi jika bersaing dengan memukul lawan perbedaan chemistry, ketidaksamaan pilihan merupakan cara tercela, kita mau berkumpul, tetapi bukan menjadi komplotan atau geng yang hanya memenuhi ambisi pribadi atau anggota kelompok.

Nabi Kongzi mengajarkan Junzi dihargai jika berselisih dengan orang lain, suka berteman tetapi tidak membentuk kelompok kepentingan.

Dalam hal ini 矜而不争 (jīn ér bù zhēng) artinya bersikaplah serius dan rendah hati saat berurusan dengan orang lain, sabar dalam segala situasi, jangan hanya ingin menang dalam kompetisi. 

群而不党 (qún ér bù dǎng) “党” bukanlah partai politik yang kita pahami sekarang, ini adalah kelompok kepentingan bersama yang lebih luas, maka jadi orang harus mudah didekati, dapat berkumpul dengan siapa saja, tetapi tidak eksklusif dalam kelompok kecil, tidak membuat kelompok kepentingan atau komplotan.

Ada cara pemilihan kepala atau ketua dalam kelompok, sebagaimana disebutkan dalam 《易经》Yijing - Kitab Perubahan 第一卦 Heksagram 1, Kalam 爻辞 (yáo cí) Yao Ci. 用九 (yòng jiǔ). ‘Semuanya digunakan garis Sembilan.’:
用九: 见群龙无首,吉
yòng jiǔ jiàn qún lóng wú shǒu jí

Semuanya digunakan garis Sembilan: Kelompok Naga bila tidak menampakan/menonjolkan kepala: rakhmat.

Selanjutnya dalam Babaran象传 (xiàng chuán) - Xiang Zhuan, B.1. disebutkan:
用九,天德不可为首也。
yòng jiǔ tiān dé bù kě wéi shǒu yě

‘Semuanya digunakan garis Sembilan.’: - Kebajikan Tuhan Yang Maha Esa 天德 Tian De tidak boleh untuk bermegah-megah.

Kata "naga" dalam hal ini menunjukkan individu atau kelompok yang menjadi anggota yang lebih besar, 群龙无首 (qún lóng wú shǒu) mengandung arti:
  1. 以六条龙是同等重要的 (yǐ liù tiáo long shì tóng děng zhòng yào de) enam naga sama pentingnya
  2. 各尽所能,团结互助,忠心不二,积极发展 (gè jìn suǒ néng tuán jié hù zhù zhōng xīn bù èr jī jí fā zhǎn) masing-masing mengkontribusikan kemampuan tertinggi, bersatu saling membantu, setia hati tidak mendua, mencapai pertumbuhan puncak
  3. 许多人聚在一起而没有领头 (xǔ duō rén jù zài yì qǐ ér méi yǒu lǐng tóu) banyak orang kumpul bersama tetapi tidak ada yang menjadi kepala

Cara pemilihan ketua kelompok menurut Yijing 《易经》 berdasarkan primus inter pares, artinya sistem pemilihan melalui musyawarah di antara sesamanya berdasarkan kelebihan yang dimiliki baik secara fisik ataupun spiritual. 

Primus inter pares berhubungan dengan wibawa seorang tokoh merangkum kepercayaan, mutu tokoh (kemampuan mengorganisasi, tingkat visioner, kemampuan merekam dan memahami mimpi publik dalam program publik kemudian melaksanakannya, menghormati keadilan, pandai mendengar, memecahkan masalah dan pandai mempersatukan), kalaupun tokoh ini menjadi pemimpin, kedudukannya tidak lebih tinggi dari yang lainnya.

Kehidupan organisasi yang diajarkan Rujiao menjamin keharmonisan. Dalam《中庸》 Zhong Yong Tengah Sempurna - 素位章 (sù wèi zhāng) Bab XIII Berperilaku Tepat Pasal 3.
在上位不陵下,在下位不援上,正己而不求于人,则无怨。上不怨天,下不尤人。
zài shàng wèi bù líng xià zài xià wèi bù yuán shàng zhèng jǐ ér bù qiú yú rén zé wú yuàn shàng bù yuàn tiān xià bù yóu rén

Dikala berkedudukan tinggi ia tidak meremehkan bawahannya, dan di dalam kedudukan rendah ia tidak bersikap penjilat kepada atasannya; ia hanya meluruskan diri dan tidak mencari-cari kesalahan orang lain. Demikianlah maka ia tidak mempunyai rasa sesal. Ke atas ia tidak menyesali Tuhan YME dan ke bawah tidak menyalahkan sesamanya.

Ajaran Konghucu memberikan kecerdasan sosial, agar tiap orang menggunakan sarana persaingan sosial untuk membina dan meningkatkan kemampuan diri, dalam masyarakat seperti apapun pasti ada persaingan, Junzi memenangkan persaingan dengan menghindari konflik, untuk meningkatkan kinerja sosial Junzi mau dan harus bekerja sama dengan sesama anggota, sifat kooperatif tidak berarti berkolaborasi untuk melemahkan, menundukkan apalagi menyingkirkan lawan bersaing.

Dalam teori sosial kontemporer ada yang disebut: 竞争优势 (jìng zhēng yōu shì) manfaat persaingan atau kompetisi sejalan dengan ajaran Rujiao:
  1. 激励
    (jī lì)
    menumbuhkan motivasi;
  2. 提高绩效
    (tí gāo jī xiào)
    menaikkan kinerja;
  3. 发挥创造力
    (fā huī chuàng zào lì)
    memunculkan kreativitas;
  4. 质量改善
    (zhì liàng gǎi shàn)
    perbaikan kualitas;
  5. 服务改善
    (fú wù gǎi shàn)
    peningkatan pelayanan;
  6. 离开舒适区
    (lí kāi shū shì qū)
    meninggalkan zona nyaman;
  7. 学习新事物的冲动
    (xué xí xīn shì wù de chōng dòng)
    dorongan untuk belajar hal-hal baru.

Dalam kegiatan bisnis sekalipun ada 商业竞争者激励变得更好, 不要自满, 寻找比较 (shāng yè jìng zhēng zhě jī lì biàn dé gèng hǎo, bù yào zì mǎn, xún zhǎo bǐ jiào) kompetitor bisnis memacu menjadi lebih baik, tidak merasa cepat puas, mencari pembanding;
  1. 加强品牌定位
    (jiā qiáng pǐn pái dìng wèi)
    menguatkan brand positioning
  2. 确定营销策略
    (què dìng yíng xiāo cè lüè)
    menentukan strategi pemasaran
  3. 仔细检查趋势
    (zǐ xì jiǎn chá qū shì)
    mencermati kecenderungan
  4. 看消费者的喜好
    (kàn xiāo fèi zhě de xǐ hào)
    melihat preferensi konsumen

(bwt)


KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,68,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,49,LORONG,50,NOT,1,PILIHAN,96,SANGGURDI,7,SEPATU,8,TOPI,23,TSN,66,TSUN,4,USL,66,VIDEO,30,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,13,ZEF,22,ZEVA,1,ZKG,28,
ltr
item
Genta Rohani: Berlomba Tidak Berebut, Berkumpul Tidak Berkomplot
Berlomba Tidak Berebut, Berkumpul Tidak Berkomplot
https://cdn.pixabay.com/photo/2014/07/08/10/47/team-386673_1280.jpg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2021/02/berlomba-tidak-berebut-berkumpul-tidak.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2021/02/berlomba-tidak-berebut-berkumpul-tidak.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy