|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Harapan Kepada Pemuda Konghucu

oleh: Uung Sendana Linggaraja     |      GENTAROHANI.COM— Nabi bersabda, "Kita harus hormat kepada angkatan muda, siapa tahu mereka ...


oleh: Uung Sendana Linggaraja   |   


GENTAROHANI.COM—Nabi bersabda, "Kita harus hormat kepada angkatan muda, siapa tahu mereka tidak seperti angkatan yang sekarang. Tetapi bila sudah berumur empat puluh, lima puluh, belum juga terdengar perbuatannya yang baik, bolehlah dinilai memang tidak cukup syarat untuk dihormati."

Sebagai seorang senior, mantan aktivis PAKIN era tahun 1970–1990-an, ada baiknya saya kemukakan harapan saya kepada pemuda Konghucu di seantero nusantara. Mudah-mudah harapan ini dibaca.

1. Pemuda adalah pemegang estafet kepemimpinan berikut yang akan menggantikan generasi kami perlu terus mempunyai semangat belajar membina diri.

2. Belajar dari membaca dan dari kehidupan.

3. Di era medsos seperti sekarang perlu terus melakukan saring sebelum sharing.

4. Teruslah belajar ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu bersaing dan unggul saat kalian terjun ke masyarakat. Perdalam pengetahuan sejarah dan agama agar tidak mudah terombang-ambing dan gamang dengan berbagai pendapat yang berseliweran, seperti sering terjadi saat menjelang sincia atau adanya pandangan kelompok tertentu yang menghembuskan Konghucu adalah kepercayaan bukan agama. Dengan belajar dan mendalami kedua bidang ini akan memampukan kalian menjadi anggota masyarakat yang mumpuni, mampu bersaing, unggul dan bermoral baik. Hal ini merupakan cara kalian menjalankan kehidupan pada rel yang seharusnya.

5. Pemimpin adalah pembaca. Banyaklah membaca dan berdiskusi, itu akan meningkatkan bobot kepemimpinan, membangun moralitas karena pembinaan diri yang kalian lakukan serta memampukan kalian untuk berkontribusi dalam masyarakat. Dengan tidak langsung kalian 'mempromosikan' pula agama yang kalian imani.

6. Jaga dan perkuat semangat belajar dan membina diri. Dengan banyak membaca buku-buku berbobot dan berdiskusi dengan para rohaniwan dan pemuka-pemuka agama Konghucu, perbedaan pendapat dan upaya kelompok tertentu mendiskreditkan agama Konghucu akan dengan mudah dijawab. Karena dari sudut apapun, baik secara kitab suci, teologi, sejarah, antropologi, sosiologi dan lain-lain, pandangan-pandangan tersebut sangat mudah dipatahkan. Lebih dari itu, membina diri adalah pokok. Wajib dilakukan untuk menjadi manusia paripurna.

7. Berkaryalah dalam masyarakat, baik sosial, agama, bisnis, pendidikan maupun politik dan lain-lain. Banyaklah dan pegang teguhlah kebajikan, tunjukkan bahwa umat Konghucu adalah umat yang berprestasi dan bermoralitas baik. Puncak laku bakti adalah menegakkan diri. Dengan menegakkan diri bukan saja nama kalian akan abadi tapi orang tua dan leluhur kalian pun akan turut bangga. Itulah wujud nyata kalian memuliakan orang tua dan memuliakan Tian. Dengan kalian berprestasi dan bermoral baik, kalian menegakkan diri. Tak usah takut dan alergi terjun ke dunia politik dan mengabdi dalam pemerintahan, tapi berpolitiklah dan mengabdi dalam pemerintahan dengan dilandasi kebajikan yang ditunjukkan dengan moralitas yang baik. Jangan lupa jaga kesehatan, merawat tubuh adalah awal laku bakti.

Harapan ini saya kemukakan karena ada hal yang sekarang saya lihat mulai diabaikan oleh sebagian besar pemuda Konghucu, yaitu membaca dan belajar agama untuk membina diri (mudah-mudahan saya salah).
Yuan Rang jongkok di jalan (mencegat Nabi lewat).
Nabi bersabda, "Ketika masih muda kamu tidak patuh, setelah dewasa tidak ada sesuatu yang dapat kau berikan kepada masyarakat dan setelah tua tidak mau mati; sesungguhnya engkau ini pencuri (Kebajikan)."
Lalu dengan tongkatnya dipukul kaki orang itu.
Apakah kalian akan menjadi angkatan muda yang layak dihormati ataukah akan seperti Yuan Rang

Kalian sendiri yang menentukan. (bwt)


Lunyu IX: 23, Lunyu XIV: 43, Lunyu I: 1.


KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,62,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,40,LORONG,47,NOT,1,PILIHAN,81,SANGGURDI,7,SEPATU,7,TOPI,23,TSN,63,TSUN,4,USL,58,VIDEO,27,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,12,ZEF,20,ZEVA,1,ZKG,21,
ltr
item
Genta Rohani: Harapan Kepada Pemuda Konghucu
Harapan Kepada Pemuda Konghucu
https://cdn.pixabay.com/photo/2020/06/16/12/23/girl-5305455_1280.jpg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2021/02/harapan-kepada-pemuda-konghucu.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2021/02/harapan-kepada-pemuda-konghucu.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy