|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Arak dan Anggur Bolehkah?

oleh: Uung Sendana Linggaraja     |      GENTAROHANI.COM— Beberapa waktu yang lalu hangat pro kontra mengenai minuman keras sehubungan in...


oleh: Uung Sendana Linggaraja   |   


GENTAROHANI.COM—Beberapa waktu yang lalu hangat pro kontra mengenai minuman keras sehubungan investasi miras dalam lampiran Perpres No 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo dan akan berlaku pada tanggal 4 Maret 2021. Setelah timbul gejolak dalam masyarakat, akhirnya lampiran tersebut dicabut.

Sehubungan dengan pro kontra yang ada, saya mendapat kesempatan wawancara secara tertulis melalui whatsapp oleh sebuah koran nasional yang beritanya dapat dibaca di sini.

Judul berita bisa saja menggiring opini pembaca, maka kebiasaan membaca secara utuh penting dilakukan sebelum mengomentari atau membagikan. 

Dalam tulisan ini saya tidak hendak membahas mengenai wawancara tersebut tapi akan meninjau mengenai minuman keras—dalam hal ini arak dan anggur—berdasarkan ayat suci dalam Kitab Suci Konghucu. Dengan demikian kita dapat menyimpulkan bagaimana agama Konghucu memandang arak dan anggur.

Sebetulnya saya ingin menuliskan ayat-ayat terkait 'minuman keras' arak dan anggur, tapi tulisan akan menjadi panjang dan penuh kutipan-kutipan ayat yang akan menjemukan,  maka saya tuliskan beberapa poin penting dengan disertai sumber ayat yang dapat Anda baca di dalam Kitab Suci. Silakan Anda baca Kitab Suci Anda, saya sertakan beberapa ayat yang saya anggap mewakili.

Pada prinsipnya, dalam agama Konghucu:
  1. Tidak melarang umatnya untuk meminum arak dan anggur selama tahu batas dan tidak sampai mabuk, Nabi Kongzi sendiri meminum anggur. (Liji XLII Xiang Yin Jiu Yi: 14, Lunyu X: 8.4, Lunyu IX: 16)
  2. Arak dan anggur dapat digunakan untuk kesehatan, baik untuk menghangatkan badan saat musim dingin maupun untuk orang tua. (Lunyu II: 8, Mengzi IVA: 3)
  3. Sebagai salah satu sajian dan bagian dalam persembahyangan. (Liji VII Li Yun I: 10-11, Liji V Zengzi Wen I: 12)
  4. Sebagai bagian dari upacara atau acara tertentu. (Lunyu III: 7, Lunyu III: 10, Liji XLII Xiang Yin Jiu Yi, Liji XLIV Yan Yi : 3, Liji XLII)
  5. Dipergunakan sebagai obat dan  campuran obat. (Liji XLIII She Yi: 12)

Namun demikian, perlu diperhatikan bila meminum arak atau anggur berlebihan hingga mabuk (Lunyu IX: 16, Lunyu X: 8) dan ketagihan (Mengzi IB: 4.7) dapat membawa ekses negatif:
  1. Tidak berbakti, merugikan diri sendiri. (Mengzi IVB: 30)
  2. Mempengaruhi kemampuan bekerja dan melaksanakan kewajiban dengan baik dan benar. (Shujing IV. Shang Shu XI. Weizi I: 1, Shujing III. Xia Shu IV. Yin Sheng: 4)
  3. Mengganggu ketertiban umum (Liji XLII Xiang Yin Jiu Yi: 14)
  4. Meruntuhkan negara (Shujing IV. Shang Shu XI. Weizi II: 4,  Shujing V. Zhou Shu  IA: Tai Shi: 5)

Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah mengenai tempat dan lingkungan kita hidup. Kebutuhan akan arak atau anggur di daerah subtropis dengan tropis tentu saja berbeda dan pengaruhnya terhadap tubuh dapat berbeda pula. 

Dalam menekan ekses negatif diperlukan kemampuan mengendalikan diri agar tahu batas, dibarengi upaya-upaya pencegahan oleh negara/pemerintah dalam bentuk peraturan yang bijaksana dan penegakkan hukum yang konsisten tanpa pandang bulu. 

Bagaimanapun yang berlebihan itu sama kurang baiknya dengan kurang. Bila Anda punya pendapat berbeda tak masalah, tuliskan saja pendapat Anda. Kebebasan mengemukakan pendapat dilindungi undang-undang. (bwt)


KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,73,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,50,LORONG,53,NOT,1,PILIHAN,104,SANGGURDI,7,SEPATU,8,TOPI,23,TSN,71,TSUN,4,USL,69,VIDEO,30,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,13,ZEF,23,ZEVA,1,ZKG,28,
ltr
item
Genta Rohani: Arak dan Anggur Bolehkah?
Arak dan Anggur Bolehkah?
https://cdn.pixabay.com/photo/2020/02/02/15/07/red-wine-4813262_1280.jpg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2021/03/arak-dan-anggur-bolehkan.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2021/03/arak-dan-anggur-bolehkan.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy