|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Genta Suci

Satu pesan penting yang terpatri dalam hati Suhu Chew, yaitu perguruan kungfu ini didirikan bernafaskan ajaran Konghucu.


oleh: Uung Sendana Linggaraja   |   


GENTAROHANI.COM—Senam Olah Raga Silat Genta Suci didirikan di Bandung pada tanggal 20 Mei 1973 oleh Suhu Chew Kong Giok dan ketika itu Kakek Guru dari Suhu Chew, yaitu Kiang Hong Seng (1889–1989) dan Guru dari Suhu Chew, yaitu Suhu Kho Sin Swan (1913–1994) masih hidup. Ketika itu Suhu Chew Kong Giok baru berusia 21 tahun. Suhu Chew lahir pada tanggal 24 Agustus 1952, bershio naga.
Suhu Chew (paling kiri) dan Suhu Kho Sin Swan (duduk)


Dalam mendirikan Senorasi Gensu, tentu saja Suhu Chew mengikuti Li (kesusilaan) dengan memohon izin dan restu dari Suhu Kho Sin Swan. Restu diberikan oleh suhu Kho Sin Swan dengan satu pesan penting yang terpatri dalam hati Suhu Chew, yaitu perguruan kungfu ini didirikan bernafaskan ajaran Konghucu, oleh karena itu tak boleh terlepas dari kelembagaan dan bernaung di bawah MAKIN.
Suhu Kho Sin Swan ketika muda
Suhu Kiang Hong Seng dan suhu Kho Sin Swan adalah penganut dan tokoh agama Konghucu yang taat. Suhu Kho Sin Swan pendiri dan Ketua Khong Kauw Hwee/MAKIN Cirebon. Foto dan sedikit catatan mengenai beliau ada di Kelenteng Talang, rumah ibadat agama Konghucu MAKIN Cirebon. Sekarang Suhu Chew Kong Giok meneruskan gurunya menjadi Ketua MAKIN sekaligus Guru Besar Senorasi Gensu.

Pada awal didirikan, latihan diadakan di sebuah bengkel di Ciroyom Bandung dengan beberapa murid pertama diantaranya Oey Lok Beng dan Gouw Sun Eng. Gouw Sun Eng dan Oey Lok Beng adalah murid setia yang begitu menghormati gurunya. Oey Lok Beng adalah putra dari Ws. Oey Giok Sin, sedangkan Gouw Sun Eng adalah putra dari Js. Gouw Kiauw Liong.
Murid-murid Genta Suci di Bandung
Karena pesan guru, Suhu Chew yang ketika itu masih lajang mencari lembaga agama Konghucu di Bandung, hingga akhirnya Genta Suci secara resmi bernaung dibawah MAKIN Bandung. Latihan pun berpindah ke Litang Jl. Stasion Selatan 15. Di era tahun 1970–1980-an sebagian besar murid Genta Suci setiap minggu mengikuti ibadah di Litang Jalan Stasion Selatan dan menjadi pengisi acara Hari Kelahiran Nabi Kongzi yang hampir setiap tahun diadakan oleh MAKIN Bandung. Para murid Genta Suci biasa memanggil suhu Chew Kong Giok dengan Ko Kong Giok atau engko. 

Zl. Lim Khin Yun
Saat berdiam di Bandung, Suhu Chew menempuh kuliah di ABA Yapari Jurusan Bahasa Inggris lalu berkarir di Bank Central Asia. Ketika itulah, Suhu Chew bertemu dengan Zhang Lao Lim Khin Yun. Dari Zhang Lao Lim Khin Yun, Suhu Chew pertama kali belajar dan mendalami agama Konghucu. Suhu Chew selalu berkata bahwa dari kedua guru tersebut mendalami Wen dan Wu. Seorang pendekar sejati memang seharusnya menguasai Wen dan Wu. Sejak didirikan, Senorasi Genta Suci mempunyai spirit seperti itu. Suhu Chew selalu ingat dan hormat pada pesan guru dan itulah sifat seorang pendekar sejati.

Pada tahun 1978 Suhu Chew Kong Giok melangsungkan pernikahan dengan Kwee Hoey Giok di Cirebon. Setelah menikah Suhu Chew berdiam di Cirebon dan selama bertahun-tahun, untuk mengajar kungfu di Perguruan Genta Suci sekaligus membina pemuda di MAKIN Bandung, beliau banyak berkorban melakukan perjalanan Cirebon Bandung meninggalkan keluarga dan bisnisnya di Cirebon. 
Kini Suhu Chew lebih banyak tinggal di Cirebon dan banyak menghabiskan waktu mengurus MAKIN Cirebon dan kelenteng Talang.

Suhu Chew Kong Giok dan ensoh Kwee Hwie Giok dikaruniai satu orang putra dan dua orang putri yang sekarang telah berumah tangga dan berdiam di Bandung. Anak sulungnya laki laki bernama Zhou Qiang Hao (Budi Wangsa Tedy). Anak kedua dan ketiga perempuan bernama Zhou Xian Hui (Vitri Andhani Setyawati) dan Zhou Xian Qing (Cintyani Andhani Setyawati). Sekarang Suhu Chew telah dikarunia lima orang cucu.

Oey Lok Beng bersama beberapa murid yang lain seperti Yong Yun Hin, Tong Sin Yu, Oey Bun Liang dan lain-lain hingga kini masih concern membina Genta Suci Bandung. Gouw Sun Eng sekarang menjadi Ketua Kelenteng Hok Tik Bio sekaligus Ketua MAKIN Purwokerto. Gouw Sun Eng adalah seorang Jiaosheng.

Murid yang lain yaitu Liem Tiong Giok mengembangkan wushu Genta Suci di Kabupaten Bogor, Depok dan Tangerang dan beberapa daerah lainnya. Liem Tiong Giok adalah seorang Wenshi berdomisili di Cisalak. Genta Suci juga pernah merambah ke MAKIN-MAKIN di Priangan Timur dan Purwokerto. 

Lagu Genta Suci ciptaan Pak Eddie Rhinaldi adalah lagu 'kebangsaan' Senam Olah Raga Silat Genta Suci MAKIN Bandung yang menggambarkan spirit Perguruan Kungfu/Wushu Genta Suci di bawah asuhan Guru Besar Chew Kong Giok.

Masih terdengar dengan jelas lagu Genta Suci diiringi musik dari Gitar yang dimainkan oleh alm. Pak Eddie Rhinaldi, Yangqin (Jansen Dalimartha) dan Seruling (Suhu Chew Kong Giok) berkumandang, mengingatkan umat dan para murid agar selalu ingat pada ajaran Nabi Kongzi sebagai pedoman hidup.
Bergemalah suaranya nyaring
Gema genta nan suci
Peringatan bagi tiap insan
Murid Khongcu di dunia
Jangan lupa pada sabda suci
Ajaran Nabi Khongcu
Sebagai pedoman hidup kita
Menempuh Jalan Suci

Reff.
Genta Suci sebagai lambang
Untuk menilik diri
Apakah tingkah laku kita
Menurut ajaranNya

Bergemalah suaranya selalu
Di dalam sanubari
Agar dapatlah semua umat
Menempuh Jalan Suci
Hampir setengah abad Genta Suci berdiri tentu banyak suka duka dalam mempertahankan dan mengembangkan Perguruan. Tak mudah untuk menanamkan spirit yang dikumandangkan dalam lagu Genta Suci agar terus bergelora dalam batin setiap murid. Pegang teguh apa yang menjadi moto Perguruan untuk 'menjunjung ilmu wushu dan kebersihan jiwa, menegakkan pokok menumbuhkan Jalan Suci'.

Dari benih yang ditabur ada yang tumbuh lalu berbunga indah dan berbuah adapula yang meranggas diterpa perubahan zaman. Para muridnya ada yang meneruskan Senorasi Genta Suci dan mencetak prestasi, ada pula yang meneruskan aktif mengabdi di bidang keagamaan menjadi rohaniwan dan pengurus di MATAKIN dan MAKIN berbagai daerah, ada pula yang memilih jalan berbeda. 

Begitulah siklus kehidupan.

Dirgahayu Senam Olah Raga Silat Genta Suci ke-48. (bwt)


KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,68,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,49,LORONG,50,NOT,1,PILIHAN,96,SANGGURDI,7,SEPATU,8,TOPI,23,TSN,66,TSUN,4,USL,66,VIDEO,30,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,13,ZEF,22,ZEVA,1,ZKG,28,
ltr
item
Genta Rohani: Genta Suci
Genta Suci
Satu pesan penting yang terpatri dalam hati Suhu Chew, yaitu perguruan kungfu ini didirikan bernafaskan ajaran Konghucu.
https://1.bp.blogspot.com/-KZO1a2zTljM/YKikSmoaOHI/AAAAAAAABgc/Fte67HYLy2sBvjoKS6P9qUYy3E26xnwTACLcBGAsYHQ/s0/gentasuci.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-KZO1a2zTljM/YKikSmoaOHI/AAAAAAAABgc/Fte67HYLy2sBvjoKS6P9qUYy3E26xnwTACLcBGAsYHQ/s72-c/gentasuci.jpg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2021/05/genta-suci.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2021/05/genta-suci.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy