|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Etika Konghucu (2)

Tulisan ini adalah bagian 2 dari 3 tulisan mengenai Etika Konghucu.
Diterjemahkan dari Rencana Kurikulum Buku Pelajaran Etika Konghucu Singapura.

Usaha Individu dan Pengaruh Lingkungan dalam Pembinaan Diri


diterjemahkan oleh: Chew Kong Giok   |   


GENTAROHANI.COM—Mengzi dan Xunzi percaya bahwa usaha kita dan lingkungan kita, kedua-duanya sangatlah penting pengaruhnya bagi perkembangan karakter kita.

1. Keharusan pada usaha individu

Mengzi membandingkan “Empat Benih Kebajikan” kodrat manusia dengan “Empat anggota badan” kita yang dibawa sejak lahir. Ia berkata bahwa kita mempunyai empat sifat permulaan ini dari sejak lahir sebagaimana kita mempunyai empat anggota badan kita. Ia menekankan bahwa kita tidak merasa senang terhadap anggota badan kita, jika kita tidak berbuat sesuatu terhadap anggota badan kita ini. Sebaliknya kita seharusnya melatih keempat anggota badan kita. Sehingga menjadi terampil dan kuat, serta memakainya untuk hal-hal yang baik berguna.

Dengan kata lain, kita seharusnya berusaha semaksimal mungkin mengembangkan ‘benih permulaan’ itu untuk kebajikan moralitas sepenuhnya. Dengan berbuat demikian, maka tujuan kita seharusnya adalah berusaha mencapai sampai puncak kebajikan tidak kurang dari yang paling baik. 

Sebab itulah Mengzi mengatakan bahwa:
Taraf akhir pengembangan diri adalah bila kita menjadi spiritual. 
—Mengzi VII B : 25

Dengan kata lain kita seharusnya bisa mencapai kesempurnaan.

Akankah kita gagal dalam mengembangkan diri pribadi kita? Kodrat baik yang kita terima akankah menjadi hilang? Maka sifat asli hati kita yang baik itu Mengzi menyebutnya sebagai hati yang ‘sesat’. Kita mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang buruk dan gagal berkelakuan yang sesuai dengan moral. Karena pengaruh-pengaruh lingkungan yang buruk yang tidak kita kehendaki dan sebagai suatu akibat dari kelemahan dalam mendisiplinkan diri.

Xunzi juga menekankan pentingnya usaha individu dalam merubah sifat kodrat kita. Ia percaya bahwa kita dapat merubah diri pribadi kita melalui latihan-latihan dan pendidikan moral.

Banyak tulisan-tulisannya yang mendorong dan menganjurkan kita untuk giat belajar. Dalam kumpulan karya sastranya yang pertama berjudul “Suatu Dorongan Semangat Belajar”, ia menuliskan bahwa:
“Tujuan belajar adalah mulai dengan mencetak para pelajar/siswa dan mengakhiri dengan mencetak manusia bijaksana.”
—Xunzi : I

Maka ia setuju dengan Mengzi bahwa kita harus menempatkan sebanyak-banyaknya usaha-usaha dalam belajar sebelum kita dapat membina diri kita untuk menjadi manusia yang baik dan bijaksana.

2. Pengaruh Lingkungan

Menjelaskan tentang bagaimana pengaruh lingkungan yang dapat merusak karakter seseorang, Mengzi memberikan suatu gambaran.
Sebuah gunung yang pada mulanya merupakan suatu hutan rimba yang rimbun, tetapi karena pohon-pohon sering ditebangi oleh penduduk yang tinggal di dekat sekitar hutan tersebut. Tambahan pula ternak dan kambing digembalakan di sana dan merubah gunung itu menjadi gundul dan tandus, Bagaimanapun, orang-orang tidak menyadari apa yang telah mereka lakukan dan menyalahkan kondisi alam dan gunung itu yang tandus. Sesungguhnya para penduduk yang tinggal di dekat sekitar gunung itu telah merampok kelebatan tumbuh-tumbuhan yang dikaruniakan alam itu. Dengan cara yang sama, manusia hidup dikaruniai sifat-sifat baik, kodrat sifat baik itu pun dapat dirampok oleh pengaruh-pengaruh lingkungan yang buruk.
—Mengzi VI A : 8

Xunzi memberikan sebuah contoh yang menunjukkan bagaimana lingkungan itu dapat mempengaruhi kita untuk berbuat baik. Ia menegaskan pentingnya suatu lingkungan yang baik guna memperbaiki kecenderungan sifat buruk manusia. Ini adalah salah satu alasannya bagi anjuran belajar.

“Jika seseorang memusatkan perhatiannya pada belajar, maka ia akan dipengaruhi oleh guru-gurunya dan peraturan-peraturannya (shi 師, fa 法) sebaik seperti peraturan-peraturan Tata Susila dan Kebenaran (li 禮, yi 義). Maka benar dan teratur, bila mereka memusatkan perhatiannya pada belajar. Dengan demikian akan tertutup hubungannya dengan sifat-sifat buruknya itu, dan terkendalikan oleh tata cara, musik dan ajaran-ajaran para bijaksana.

PENGGUNAAN AJARAN-AJARAN DALAM KEHIDUPAN KITA

Para guru-guru besar telah menerangkan tentang pentingnya usaha-usaha individu mempengaruhi lingkungan sebagai jalan raya menuju penyempurnaan diri. Oleh karena itu kita semua seharusnya melakukan suatu usaha untuk memperbaiki diri kita sendiri melalui belajar dan melalui hubungan pergaulan dengan manusia yang baik. Bagaimanapun ini belumlah cukup memadai. Kita pun harus berusaha memperbaiki lingkungan sosial kita dan menghargai hal-hal yang baik dalam lingkungan yang mempengaruhi kita.

Dalam hal ini, mungkin kita mendiskusikan tentang pengaruh status sosial golongan atas dan kaya. Sungguhpun hal ini mungkin dapat membantu, tetapi dalam usaha-usaha perbaikan diri mereka tidak diperlukan. Sebenarnya mereka mungkin menjalankan dengan cara ini. Dalam kenyataannya, Mengzi memperingatkan kita bahwa seseorang yang sedang berusaha mencari-cari kekayaan akan sukar mendapatkan untuk menjadi seorang yang berbudi, sederhana saja karena kekayaan dapat membingungkannya terhadap pertanyaan-pertanyaan tentang nilai-nilai spiritual. Cerita-cerita tentang orang-orang kaya yang tidak bermoral dan telah mengakibatkan penderitaan bagi orang lain dengan tindakan-tindakannya itu merupakan hal yang berguna bagi kita sebagai peringatan.

Mungkin kita menghendaki diskusi hal-hal lain dalam lingkungan kita yang bisa menghambat dalam usaha pengembangan diri. Sesudah itu, selanjutnya kita memahami hal-hal itu, apa yang dapat mempengaruhi kita untuk berbuat baik. Bilamana kita sadar tentang apa pengaruh yang baik dan yang buruk, maka dengan demikian kita akan dapat bertindak bijaksana, usaha-usaha kita untuk memperbaiki diri akan memperoleh dukungan yang baik. Kemudian kita akan mempunyai kesempatan paling baik dalam usaha menyempurnakan sifat kodrat kita.

IKHTIAR

Banyak penganut Konghucu mempertahankan bahwa kodrat manusia pada hakikatnya baik, karena ini merupakan karunia Tian. Oleh karena itu manusia seharusnya berusaha mengembangkan sifat-sifat kodrat baik ini dengan melalui pembinaan diri dan menghindari pengaruh-pengaruh buruk.

Walaupun Xunzi berpendapat bahwa sifat kodrat manusia itu buruk, tetapi ia menyetujui bahwa itu merupakan potensi bagi usaha untuk menjadi baik dan dapat dibentuk menjadi sempurna dengan melalui latihan dan pendidikan. Kesempurnaan moral ini dapat terjangkau oleh tiap-tiap pribadi manusia, terlepas dari status sosial, kekayaan, dan inteligensia.

Pengaruh lingkungan yang baik sangatlah penting bagi pembinaan diri. Tetapi yang lebih penting adalah usaha-usaha individu untuk belajar dan menyempurnakan diri pribadinya. Melalui usaha-usaha ini, sekalipun ada pengaruh buruk dalam lingkungannya niscaya akan dapat diatasi. (bwt)


KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,75,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,50,LORONG,54,NOT,1,PILIHAN,107,SANGGURDI,7,SEPATU,8,TOPI,23,TSN,74,TSUN,4,USL,69,VIDEO,30,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,13,ZEF,23,ZEVA,1,ZKG,28,
ltr
item
Genta Rohani: Etika Konghucu (2)
Etika Konghucu (2)
Tulisan ini adalah bagian 2 dari 3 tulisan mengenai Etika Konghucu.
Diterjemahkan dari Rencana Kurikulum Buku Pelajaran Etika Konghucu Singapura.
https://cdn.pixabay.com/photo/2016/10/19/14/03/model-1753032_1280.jpg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2021/06/etika-konghucu-2.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2021/06/etika-konghucu-2.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy