|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Pembinaan Diri Menurut Teori Watak Jahat

Teori Watak Jahat adalah sudut pandang paling terkenal dalam Pemikiran Xunzi, dan juga merupakan landasan pemikiran politiknya.

修身根据性恶论   
(xiū shēn gēn jù xìng è lùn)


oleh: Suyena Adegunawan (陳書源 Tan Su Njan)   |   


GENTAROHANI.COM—Xunzi 荀子 dikenal juga dengan nama 荀況 (xúnkuàng) (316–235 SM), adalah filsuf aliran Ru 儒家, 思想家 (sī xiǎng jiā), sastrawan 文学家 (wén xué jiā), 政治家 (zhèng zhì jiā), hidup pada Periode Negara Perang 战国时代 (zhàn guó shí dài) di Negara Zhao 赵国 (zhào guó). Xunzi juga memberikan kontribusi yang signifikan untuk menata ulang Ajaran Konghucu.

Xunzi meneruskan ajaran Nabi Kongzi, dia menekankan moral dan etika 道德伦理 (dào dé lún lǐ), menganjurkan cinta kasih dan kebenaran 仁义 (rén yì), kesusilaan dan keharmonisan 礼和 (lǐ hé), kesetiaan dan kepercayaan 忠信 (zhōng xìn), mengumpulkan pencapaian besar dari teori ritual pra-Qin dan menekankan pembinaan diri berbasis penanaman kesusilaan dan pendidikan ritual 以礼修身和礼制教育 (yǐ lǐ xiū shēn hé lǐ zhì jiào yù).

Kitab Xunzi《荀子》adalah karya terpenting dari aliran Ru, memuat 32 bab, sebagian besar ditulis oleh dirinya sendiri. Pengarangnya pandai bernalar, tulisannya terorganisir dengan baik, analisis menyeluruh, pandai mengambil contoh, dan sering menggunakan kalimat paralel untuk meningkatkan momentum diskusi, kaya bahasa, persuasif, dan daya tarik yang kuat.

Xunzi telah mengembangkan Ajaran Konghucu pada masalah watak manusia 人性问题 (rén xìng wèn tí), ia menganjurkan teori watak jahat 性恶论 (xìng èl ùn), menganjurkan bahwa sifat dasar manusia adalah jahat, menyangkal konsep watak moral–kebajikan sebagai pemberian Tuhan 天赋的道德观念 (tiān fù de dào dé guān niàn), dan menekankan pengaruh lingkungan yang diperoleh dan pendidikan. Doktrinnya sering dibandingkan dengan teori Mengzi tentang teori watak baik 性善论 (xìng shàn lùn).

“Karangan tentang Watak Jahat”《性恶篇》 adalah artikel ke-23 dari Kitab Xunzi《荀子》, yang menguraikan pemikiran etis 伦理思想 (lún lǐ sī xiǎng). Ini bertujuan untuk mengkritik teori Mengzi tentang Teori Watak Baik 性善论 (xìng è lùn) dan memperjelas pandangan sosial tentang kejahatan watak manusia 人性恶 (rén xìng è).

Teori Watak Jahat 性恶论 (xìng è lùn) adalah sudut pandang paling terkenal dalam Pemikiran Xunzi 荀子思想 (xún zǐ sī xiǎng), dan juga merupakan landasan pemikiran politiknya. Artikel pertama dimulai dari keinginan material 物质欲望 (wù zhì yù wàng) dan kebutuhan psikologis 心理要求 (xīn lǐ yāo qiú) manusia, dan menunjukkan kebenaran watak jahat manusia 人之性恶 (rén zhī xìng è).

Untuk mengubah watak jahat manusia, di satu sisi secara khusus harus menekankan pengaruh pendidikan yang diperoleh dan lingkungan 教育和环境的影响 (jiào yù hé huán jìng de yǐng xiǎng), menganjurkan mencari guru yang bijaksana 求贤师 (qiú xián shī) dan memilih teman yang baik 择良友 (zé liáng yǒu).

Di sisi lain harus menekankan peran politik, ini adalah pemahaman politik bahwa ketika kekuasaan raja hadir, harus membawa perubahan ritus pencerahan dan keadilan, hukum harus diluruskan, dan hukuman berat dilarang. 
立君上之势以临之 
lì jūn shàng zhī shì yǐ lín zhī

明礼义以化之 
míng lǐ yì yǐ huà zhī

起法正以治之 
qǐ fǎ zhèng yǐ zhì zhī

重刑罚以禁之 
zhòng xíng fá yǐ jìn zhī

Singkatnya, Xunzi percaya bahwa "sifat jahat manusia" dan tujuannya adalah menggunakan sarana moral dan politik untuk mengubah kejahatan menjadi kebaikan.

Naskah “Karangan tentang Watak Jahat”《性恶篇》adalah artikel ke-23 dari Kitab Xunzi《荀子》
人之性恶,其善者伪也。今人之性,生而有好利焉,顺是,
rén zhī xìng è qí shàn zhě wěi yě jīn rén zhī xìng shēng ér yǒu hào lì yān shùn shì

Watak manusia itu jahat, dan perilakunya yang baik adalah palsu; watak manusia kini, sejak lahir memiliki kepentingan diri sendiri. Seperti inilah!

故争夺生而辞让亡焉;生而有疾恶焉,顺是,
gù zhēng duó shēng ér cí ràng wáng yān shēng ér yǒu jí è yān shùn shì

Maka akan ada persaingan antara orang-orang, dan tidak perlu lagi kata saling mengalah. Orang dilahirkan dengan sifat buruk kebencian. Seperti inilah!

故残贼生而忠信亡焉;生而有耳目之欲,有好声色焉,
gù cán zéi shēng ér zhōng xìn wáng yān shēng ér yǒu ěr mù zhī yù yǒu hǎo shēng sè yān

Maka, hal-hal yang merugikan kesetiaan dan kebaikan akan terjadi serta kesetiaan dan kepercayaan akan hilang. Orang dilahirkan dengan nafsu menyukai suara dan pemandangan, suka mendengarkan yang baik, dan suka melihat ketampanan/kecantikan,

顺是,故淫乱生而礼义文理亡焉。然则从人之性,
shùn shì gù yín luàn shēng ér lǐ yì wén lǐ wáng yān rán zé cóng rén zhī xìng

Seperti inilah! Maka akan timbul kekacauan, kesusilaan, kebenaran, kebudayaan dan pemahaman akan hilang. Dalam hal ini, jika menuruti watak manusia

顺人之情,必出于争夺,合于犯分乱理,而归于暴,
shùn rén zhī qíng bì chū yú zhēng duó hé yú fàn fēn luàn lǐ ér guīyú bào

Menuruti perasaan manusia, pasti akan ada pertentangan, menjadi pelanggaran dan kekacauan dan mengganggu sistem tata krama, yang akan menyebabkan kejahatan,

故必将有师法之化,礼义之道,然后出于辞让,合于文理,
gù bì jiāng yǒu shī fǎ zhī huà lǐ yì zhī dào rán hòu chū yú cí ràng hé yú wén lǐ

oleh karena itu harus ada pendidikan dan hukum, kemudian membangun Jalan Suci kesusilaan dan kebenaran, kemudian dengan sistem saling mengalah dipadukan dengan pemahaman budaya,

而归于治。用此观之,然则,人之性恶,明矣。其善者伪也。
ér guīyú zhì yòng cǐ guān zhī rán zé rén zhī xìng è míng yǐ qí shàn zhě wěi yě

untuk kembali ke stabilitas sosial. Dengan pandangan ini, kebenaran tentang sifat jahat manusia sudah sangat jelas, dan perilaku baik itu adalah buatan manusia.

Pembinaan Diri Xunzi

“Pembinaan Diri Xunzi” 《荀子修身》adalah artikel ke-2 dari Kitab Xunzi《荀子》, bagian penting dari pemikiran Xunzi.

Pembinaan diri Xunzi 荀子修身 (xún zǐ xiū shēn) bermuatan 修 (xiū) artinya memperbaiki 修理 (xiū lǐ) dan mengolah 修养 (xiū yǎng). 身 (shēn) artinya tubuh 身体 (shēn tǐ), roh 精神 (jīng shén), dan jiwa 心灵 (xīn líng). Pembinaan diri mengacu pada pemahaman orang tentang berbagai pengalaman dalam hidup untuk meningkatkan pemikiran 思想 (sī xiǎng), moralitas 道德 (dào dé), dan lain-lain. Ini kondusif bagi kesehatan fisik dan mental orang. Pembinaan diri selalu menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh para pemikir 思想家 (sī xiǎng jiā) dan Xunzi tidak terkecuali.

Dalam artikel Pembinaan Diri Xunzi 《荀子修身》, kita dapat menyadari 领悟 (lǐng wù) bahwa segera setelah kita mulai mengajar orang untuk memperlakukan baik dan buruk 好坏 (hǎo huài), baik dan jahat 善恶 (shàn è) di sekitar mereka dengan benar, memberitahu orang-orang bahwa kerinduan untuk kebaikan kondusif untuk sukses 有利于取得成功 (yǒu lì yú qǔ dé chéng gōng), dan kemudian memberitahu orang apa kebaikan, dan metode mengajar orang untuk menjadi baik. 

Ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan pembinaan diri seseorang—dalam hal pemikiran, karakter, dan lain-lain—kondusif untuk menjadi baik dan baik, demikian menjelaskan pentingnya pembinaan diri.

Ini juga menunjukkan bahwa orang baik dan memiliki tingkat pembinaan diri yang lebih tinggi. Xunzi mengatakan bahwa orang seperti itu tidak sombong 人不势利 (rén bù shì lì), dapat hidup bahagia, dan akan mengurangi ancaman eksternal terhadap diri mereka sendiri, selain itu, kesulitan dalam proses pembinaan diri 修身过程 (xiū shēn guò chéng), juga telah dilakukan. Menjelaskan bahwa masyarakat dihimbau untuk memiliki ketekunan dan semangat bekerja keras setiap saat. Xunzi juga menekankan pentingnya guru dalam pembinaan diri, Xunzi percaya bahwa pembinaan diri harus dibimbing oleh guru, etika dan musik 礼乐 (lǐ lè) juga sangat penting dalam pembinaan diri.

Teori Xunzi tentang Teori Watak Jahat dituangkan dalam Artikel Karangan tentang Watak Jahat 《性恶篇》. Artikel ini terutama menguraikan pemikiran etika 伦理思想 (lún lǐ sī xiǎng) dari Xunzi, dan tujuannya adalah untuk menentang pemikiran etis Mengzi. Mengkritik Teori Watak Baik 性善论 (xìng shàn lùn) dari Mengzi dan membahas sudut pandang Teori Watak Jahat.

Dalam Karangan tentang Watak Jahat, Xunzi mengadopsi pendekatan tanya jawab dan membahas nafsu material 物质欲求 (wù zhì yù qiú) dan kebutuhan psikologis 心理需求 (xīn lǐ xū qiú) orang sebagai titik awal. Dia pertama kali menunjukkan teori kejahatan sifat manusia 人之性恶 (rén zhī xìng è).

Bakat orang-orang mulia adalah kunci untuk memperbaiki sifat buruk manusia. Dalam memperbaiki sifat buruk manusia, Xunzi juga menekankan pentingnya peran politik. Ia mengusulkan agar politik dapat memperbaiki kejahatan manusia. sifat manusia dan membuat orang menjadi baik adalah masalah esensial. 

Karena itu, Xunzi percaya bahwa cara paling penting untuk memperbaiki sifat dasar manusia adalah jahat adalah dengan menggunakan cara-cara moral dan politik untuk memperbaikinya. (bwt)


KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,77,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,50,LORONG,54,NOT,1,PILIHAN,109,SANGGURDI,7,SEPATU,8,TOPI,23,TSN,76,TSUN,4,USL,69,VIDEO,30,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,13,ZEF,23,ZEVA,1,ZKG,28,
ltr
item
Genta Rohani: Pembinaan Diri Menurut Teori Watak Jahat
Pembinaan Diri Menurut Teori Watak Jahat
Teori Watak Jahat adalah sudut pandang paling terkenal dalam Pemikiran Xunzi, dan juga merupakan landasan pemikiran politiknya.
https://images-wixmp-ed30a86b8c4ca887773594c2.wixmp.com/f/a647b772-282e-4c42-96c3-58ad3e358927/ds2p26-7d7d4d09-9397-49d3-95c8-ed0d1e8cc821.jpg/v1/fill/w_800,h_600,q_75,strp/nailed_heart_by_prateekrajbhandari_ds2p26-fullview.jpg?token=eyJ0eXAiOiJKV1QiLCJhbGciOiJIUzI1NiJ9.eyJzdWIiOiJ1cm46YXBwOjdlMGQxODg5ODIyNjQzNzNhNWYwZDQxNWVhMGQyNmUwIiwiaXNzIjoidXJuOmFwcDo3ZTBkMTg4OTgyMjY0MzczYTVmMGQ0MTVlYTBkMjZlMCIsIm9iaiI6W1t7ImhlaWdodCI6Ijw9NjAwIiwicGF0aCI6IlwvZlwvYTY0N2I3NzItMjgyZS00YzQyLTk2YzMtNThhZDNlMzU4OTI3XC9kczJwMjYtN2Q3ZDRkMDktOTM5Ny00OWQzLTk1YzgtZWQwZDFlOGNjODIxLmpwZyIsIndpZHRoIjoiPD04MDAifV1dLCJhdWQiOlsidXJuOnNlcnZpY2U6aW1hZ2Uub3BlcmF0aW9ucyJdfQ.ztvQVU88iXonJX543B7L99cHqZH0tSJXXP0dKh8DN54
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2021/06/pembinaan-diri-menurut-teori-watak-jahat.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2021/06/pembinaan-diri-menurut-teori-watak-jahat.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy