|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Orang Tiga Musim

Cerita ini beredar dalam media sosial dalam bentuk video, maka disajikan untuk membedakan ajaran agama dengan budaya tradisional.

三季人   
(sān jì rén)


disusun oleh: Suyena Adegunawan (陳書源 Tan Su Njan)   |   


GENTAROHANI.COM—Ada cerita rakyat lokal 故乡流传 (gù xiāng liú chuán) di Qufu 曲阜, kota kelahiran Nabi Kongzi, tidak jelas sumbernya. Sebenarnya awalnya juga cerita ini tidak terlalu populer.

Cerita ini jadi populer karena pada tahun 2009, Profesor Zeng Shiqiang 曾仕强 dari Universitas Nasional Taiwan 台湾大学 mengatakan dalam rangkaian forum "Misteri Yijing" 《易经的奥秘》, kemudian dimuat dalam youtube. https://www.youtube.com/watch?v=jiSQ95SCsBA

Zeng Shiqiang sendiri tidak menyebutkan sumbernya, juga tidak tahu benar atau salah.



Suatu pagi hari, seorang murid Nabi Kongzi, bernama Zigong 子贡 sedang menyapu di luar pintu.

Seorang tamu datang dan bertanya kepadanya, "Siapa kamu?"

Dengan bangga Zigong berkata, "Saya murid Kongzi!"

Tamu itu berkata, "Bagus sekali, bolehkah saya bertanya kepada Anda?"

Zigong berkata dengan gembira, "Boleh!" Dia berpikir dalam hati, orang itu mungkin memiliki masalah yang aneh.

Tamu itu bertanya, "Ada berapa musim dalam setahun?"

Zigong berpikir, apa perlunya menanyakan hal seperti ini? Tapi akhirnya dia tetap menjawab, "Musim semi, musim panas, musim gugur, musim dingin, empat musim." 春夏秋冬四季 (chūn xià qiū dōng sì jì).

Tamu itu menggelengkan kepalanya dan berkata, "Tidak, hanya ada tiga musim dalam setahun."

"Hei! Kamu salah, empat musim!" ujar Zigong

"Tiga musim," sahut orang itu tidak mau kalah.

Masing-masing kukuh pada pendiriannya, selanjutnya mereka bertaruh. Jika itu adalah empat musim, tamu akan bersujud tiga kali 磕三个头 (kē sān gè tóu) kepada Zigong. Kalau tiga musim, Zigong akan bersujud tiga kali kepada tamu.

Zigong berpikir bahwa dia pasti akan menang, jadi dia membawa tamu menemui gurunya.

Saat itu Nabi Kongzi berjalan keluar ruangan, murid melangkah maju dan bertanya, "Guru, ada berapa musim dalam setahun?"

Nabi Kongzi melirik tamu itu dan berkata, "Ada tiga musim dalam setahun."

Murid itu hampir pingsan, tetapi dia tidak berani langsung bertanya. 

Tamu itu segera berkata, "Bersujud dengan kepala!"

Siswa itu tidak punya pilihan selain bersujud tiga kali dengan patuh.

Setelah tamu pergi, Zigong tidak sabar bertanya kepada Nabi Kongzi, "Guru, ada empat musim dalam setahun. Bagaimana bisa mengatakan tiga musim?"

Nabi Kongzi berkata, "Apakah kamu tidak melihat bahwa orang yang barusan semuanya hijau 全身都是绿 (quán shēn dōu shì lǜ)? Dia adalah seekor belalang 蚂蚱 (màzha). Belalang lahir pada musim semi dan mati pada musim gugur 蚂蚱春天生,秋天就死了 (mà zha chūn tiān shēng qiū tiān jiù sǐ le). Dia belum pernah melihat musim dingin. Dia akan puas kalau kamu berbicara tiga musim. Kalau kamu bicara empat musim dan tidak masuk baginya. Kamu menderita sedikit, dan tidak masalah kamu sujud tiga kali.

"Serangga musim panas tidak bisa berbicara tentang es 夏虫不可以语冰 (xià chóng bù kě yǐ yǔ bīng). Serangga musim panas belum pernah merasakan musim dingin tidak akan pernah mengerti apa itu es, inilah yang dimaksudkan dengan keterbatasan pemahaman.

"Kita juga bisa mendapatkan pencerahan: Setiap kali kita melihat ke langit yang luas dan alam semesta yang tidak diketahui, apakah kita merasa bahwa kita sendiri seperti serangga musim panas yang 'berpandangan sempit. Namun, selama kita memahami keterbatasan kita sendiri dan selalu menjaga sikap toleran dan rendah hati, kita dapat terus menerobos diri kita sendiri dan menyadari sublimasi pemahaman dan kehidupan kita.

"Mereka adalah 'Orang Tiga Musim' 三季人 (sān jì rén), jadi saya berhenti memikirkannya. Orang Tiga Musim bersikeras pada 'kebenaran' mereka karena mereka belum melihat fakta yang membuktikan bahwa mereka salah. Oleh karena itu, jika kamu marah, kamu menyesali diri sendiri.

"Serangga musim panas tidak dapat berbicara di dalam es, katak yang baik tidak dapat berbicara di laut 夏虫不可以语冰, 井蛙不可以语海, (xià chóng bù kě yǐ yǔ bīng jǐng wā bù kě yǐ yǔ hǎi), tetapi terikat pada pengajaran.

"Mustahil bagi serangga musim panas untuk berbicara dengan mereka tentang pembekuan, karena mereka dibatasi oleh waktu hidup mereka; katak di dalam sumur tidak dapat berbicara tentang laut, karena mereka dibatasi oleh ruang hidup.

"Tidak mungkin bagi petani pedesaan berdebat dengan teknokrat kota mengenai pendidikan moral agama karena pengekangan pendidikan.

"Lebih baik mundur selangkah dan bersabar," kata Nabi Kongzi menjelaskan.



Kita tidak tahu cerita ini benar atau fiktif. Tetapi benar atau salah tidak ada hubungannya dengan hikmah yang dapat kita ambil daripadanya.

Yang perlu kita perhatikan adalah cerita ini mencerahkan 启示 (qǐ shì) kita.

Ketika kita kehilangan kesabaran, ketika emosi kita tidak stabil secara emosional, kita berpikir bahwa itu adalah Orang Tiga Musim, sesuatu yang dilakukan oleh Orang Tiga Musim, dan kita akan segera merasa tenang. Ada terlalu banyak "Orang Tiga Musim" di dunia ini!

Cerita tersebut memiliki dua makna. Salah satunya adalah belajar mengendalikan emosi 控制自己的情绪 (kòng zhì zì jǐ de qíng xù).

Dulu kita marah ketika melihat orang yang tidak masuk akal, tapi sekarang tidak perlu lagi.

  1. Jika kita tahu lawan bicara kita adalah Orang Tiga Musim, kita akan tenang. Pada kenyataannya, banyak hal yang gagal karena emosi. Ketika kita tidak dapat mengendalikan emosi pada saat-saat kritis, hal-hal yang mengarah pada kesalahan besar terjadi. Jadi ketika kita kehilangan kesabaran, pikirkan kisah "Orang Tiga Musim", dan kita bisa tenang.

  2. Tidak membuat argumen yang tidak berarti dan membuang waktu. Dalam hidup, kita pasti akan bertemu dengan semua jenis orang, dan kita akan berdebat, bertengkar tanpa henti karena berbagai alasan. Pertengkaran itu sendiri tidak ada artinya, hanya menjengkelkan.

Dalam hidup, ada banyak orang bicara yang tidak masuk akal di sekitar kita. Kita tidak perlu buang waktu, juga tidak akan timbul emosi atau pusing dengan kemarahan. (bwt)


KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,75,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,50,LORONG,54,NOT,1,PILIHAN,107,SANGGURDI,7,SEPATU,8,TOPI,23,TSN,74,TSUN,4,USL,69,VIDEO,30,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,13,ZEF,23,ZEVA,1,ZKG,28,
ltr
item
Genta Rohani: Orang Tiga Musim
Orang Tiga Musim
Cerita ini beredar dalam media sosial dalam bentuk video, maka disajikan untuk membedakan ajaran agama dengan budaya tradisional.
https://cdn.pixabay.com/photo/2020/06/29/14/15/lightbulb-5352822_1280.jpg
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2021/07/orang-tiga-musim.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2021/07/orang-tiga-musim.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy