|TERBARU     /fa-fire/_$type=slider$sn=hide$cate=0$show=home$va=0$d=0$cm=0

Sari Semangat Lima Gerakan

Berlaksa benda di dunia ini rumit dan unik. Untuk memahami berlaksa benda, kita harus mengklasifikasikan hal-hal yang rumit.

五行之秀气   
(wǔ xíng zhī xiù qì)


disusun oleh: Suyena Adegunawan (陳書源 Tan Su Njan)   |   


GENTAROHANI.COM—Manusia adalah kebajikan langit dan bumi, produk Yin Yang, kombinasi keselarasan nyawa dan rokh, dan esensi dari lima gerak. Langit memegang kekuatan-semangat Yang 阳气 (yáng qì), menunjukkan cahaya matahari, bulan dan bintang-bintang; bumi memegang Yin 阴气 (yīn qì), bernapas, berdaya hidup dari pegunungan dan sungai.

《礼记》- Liji, Catatan Kesusilaan. Buku ke-7: 礼运 Li Yun Gerak Perkembangan Kesusilaan Bagian III, Pasal 3.1.
故人者,其天地之德,阴阳之交,鬼神之会,五行之秀气也。
gù rén zhě qí tiān dì zhī dé yīn yáng zhī jiāo guǐ shén zhī huì wǔ xíng zhī xiù qì yě

Sesungguhnya, adanya manusia adalah oleh kuasa Kebajikan TIAN dan bumi, oleh jalinan sifat YIN dan YANG, karena berkumpulnya Nyawa dan Rokh (GUI dan SHEN), dari sari semangat ke lima unsur (WU XING).

《礼记》- Liji, Catatan Kesusilaan. Buku ke-7: 礼运 Li Yun Gerak Perkembangan Kesusilaan Bagian III, Pasal 3.2.
故天秉阳,垂日星;地秉阴,窍于山川。播五行于四时,
gù tiān bǐng yáng chuí rì xīng dì bǐng yīn qiào yú shān chuān bō wǔ xíng yú sì shí

和而后月生也。是以三五而盈,三五而阙。
hé ér hòu yuè shēng yě shì yǐ sān wǔ ér yíng sān wǔ ér què

TIAN mengendalikan sifat YANG, menggantung matahari dan bintang-bintang. Bumi mengendalikan sifat YIN, memberi jalur di gunung-gunung dan sungai-sungai. Ditaburkan lima unsur itu melalui empat musim, dan oleh geraknya yang harmonis kemudian tumbuhlah bulan (rembulan); tiga kali lima hari menuju penuh (Ying) dan tiga kali lima hari menuju punah (Que).

《礼记》- Liji, Catatan Kesusilaan. Buku ke-7: 礼运 Li Yun Gerak Perkembangan Kesusilaan Bagian III, Pasal 3.7.
故人者,天地之心也,五行之端也,食味别声被色而生者也。
gù rén zhě tiān dì zhī xīn yě wǔ xíng zhī duān yě shí wèi bié shēng bèi sè ér shēng zhě yě

Maka, manusia itu adalah hati/hakekat bathin daripada TIAN dan bumi, dan menjadi perwujudan dari lima unsur. Manusia hidup menikmati berbagai rasa, memilahkan berbagai nada dan mengenakan berbagai warna.

Kelima elemen tersebut terdistribusi pada musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin 春夏秋冬 (chūn xià qiū dōng). Empat musim memiliki suasana yang harmonis selama 12 bulan. Maka selama 15 hari bentuk bulan bergeser dari sabit menjadi bulat 由缺而圆 (yóu quē ér yuán), 15 hari lainnya berangsur berubah dari bulat menjadi sabit 由圆而缺 (yóu yuán ér quē). Demikian menjadi siklus dari awal dan berakhir kembali ke awal 循环互为终结 (xún huán hù wéi zhōng jié).

Lima gerak, 4 musim, dan 12 bulan, semuanya menjalani sirkulasi dari awal ke akhir dan kembali ke awal; maka manusia adalah jiwa-hati langit dan bumi 天地的心灵 (tiān dì de xīn líng), kepala dari berlaksa benda dalam lima gerak 五行万物之首 (wǔ xíng wàn wù zhī shǒu).

Manusia dilahirkan oleh kebajikan langit dan dukungan bumi 天覆地载之德 (tiān fù dì zǎi zhī dé), kombinasi Yin Yang dua semangat kekuatan 阴阳二气交合 (yīn yáng èr qì jiāo hé), perpaduan tubuh dan roh 形体和精灵结合 (xíng tǐ hé jīng líng jié hé), dan penyerapan esensi dari lima gerak 吸收五行的精华 (xī shōu wǔ xíng de jīng huá).

Langit memegang kekuatan semangat Yang 阳气 (yáng qì), menunjukkan cahaya matahari, bulan dan bintang-bintang; bumi memegang kekuatan semangat Yin 阴气 (yīn qì), memberi jalur di gunung dan sungai dan menarik-melepaskan napas.

Lima gerak itu tersebar dalam empat musim, urutan keempat musim itu dapat dibedakan, matahari akan berjalan mengikuti lintasannya, dan bulan akan muncul tepat waktu.

Maka 15 hari pertama setiap bulan, bulan berubah dari bulan sabit menjadi bulan purnama, dan 15 hari berikutnya, bulan berubah dari bulan purnama menjadi bulan sabit. Perputaran lima gerak, yang satu pergi dan yang lain datang, bergiliran berkesinambungan.

Lima gerak dalam empat musim selama 12 bulan, maka manusia adalah jiwa dari langit dan bumi 天地之心 (tiān dì zhī xīn) juga merupakan ujung-ujung dari lima gerak 五行之端 (wǔ xíng zhī duān).

Banyak orang yang salah paham tentang kelima gerakan tersebut. Faktanya, seperti ilmu pengetahuan, ini adalah penjelasan tentang dunia. Tapi itu adalah eksplorasi awal dunia oleh umat manusia. Untuk memahami dunia ini, nenek moyang kita bekerja keras. 

Berikut adalah pengantar singkat untuk Teori Lima Gerak.

Berlaksa benda di dunia ini rumit dan unik. Untuk memahami berlaksa benda, kita harus mengklasifikasikan hal-hal yang rumit. Setelah mengkategorikan hal-hal, semua hal itu dapat diabstraksikan dan dianalisis menurut sifatnya. Setelah generalisasi tingkat tinggi, segala sesuatu di dunia akan ditinggalkan dengan beberapa hal sederhana dan abstrak. Misalnya, ada banyak kondisi untuk pertumbuhan berlaksa benda. "Hujan, panas terik, dingin, dan angin" disarikan dari banyak kondisi ini.

“Logam, kayu, air, api, dan tanah" secara abstrak diringkas sebagai elemen dasar yang membentuk berlaksa benda, yang disebut lima elemen. Zat-zat semacam sejak zaman kuno sudah ada, seperti Yin Yang, semua itu hanyalah benda biasa.

Benda-benda ini memiliki karakteristik yang lebih jelas, seperti air memiliki karakteristik pelembab dan aliran ke bawah, api memiliki karakteristik aliran panas kering ke atas, kayu lunak tetapi tidak dapat mengubah esensinya, logam kaku tetapi dapat meleleh, dan tanah dapat menyuburkan kehidupan.

Logam biasanya diproduksi di dalam tanah. Setelah api menyala, akan menghasilkan debu jadi tanah. Kayu bakar bisa membuat api. Rumput dan pohon butuh air untuk tumbuh. Logam bisa memotong kayu. Rumput dan pohon tumbuh dari tanah. Tanah bisa menghalangi air dan air dapat dituangkan untuk memadamkan api.

Jika beberapa sifat dasar lainnya diklasifikasikan ke dalam lima hal ini, dan ditetapkan bahwa air membangkitkan kayu 水生木 (shuǐ shēng mù), kayu membangkitkan api 木生火 (mù shēng huǒ), api membangkitkan tanah 火生土 (huǒ shēng tǔ), tanah membangkitkan logam 土生金 (tǔ shēng jīn), dan logam membangkitkan air 金生水 (jīn shēng shuǐ); di sisi lain air menahan api 水克火 (shuǐ kè huǒ), api menahan logam 火克金 (huǒ kè jīn), logam menahan kayu 金克木 (jīn kè mù), kayu menahan tanah 木克土 (mù kè tǔ), dan tanah menahan air 土克水 (tǔ kè shuǐ), lima hal ini menjadi sistem deduktif seperti Yin Yang.

Lima gerak adalah konsep abstrak yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antara hal-hal yang memiliki jangkauan makna yang luas dan tidak hanya mengacu pada lima zat tertentu itu sendiri.

Teori Lima gerak merangkum sifat-sifat benda atau fenomena berdasarkan sifat-sifat fungsional kelima zat, dan membahas serta menyimpulkan hubungan timbal balik dan hukum-hukum gerak dan perubahan antara benda atau fenomena berdasarkan pertumbuhan timbal balik dan pembatasan timbal balik dari kelima zat tersebut.

Ciri-ciri dasar dari kelima unsur tersebut adalah sebagai berikut:
  • Kayu: pertumbuhan, perkembangan, dan hidup nyaman;
  • Api: hangat, naik;
  • Tanah: mendukung, kehidupan, menerima;
  • Logam: bersih, tenang, dan konvergen;
  • Air: dingin, lembap, mengalir ke bawah.

Penerapan teori lima gerak dalam fisiologi 生理 (shēng lǐ) terutama mencakup beberapa aspek seperti analogi dengan karakteristik fisiologis 五行特性类 (wǔ xíng tè xìng lèi) lima organ internal 五脏 (wǔ zàng) dengan karakteristik lima elemen, membangun sistem lima organ internal seluruh alam dan manusia, dan menjelaskan hubungan fisiologis antara lima organ internal dengan pengendalian kehidupan.

Teori lima gerak membedakan lima organ internal tubuh manusia ke lima elemen 分别归属于五行 (fēn bié guī shǔ yú wǔ xíng), dan menggunakan karakteristik dari lima elemen untuk menjelaskan fungsi fisiologis 生理功能 (shēng lǐ gōng néng) dari lima organ internal.

Jelas sekilas, semua memiliki karakteristiknya masing-masing, setelah kita memahaminya, kita dapat memiliki pemahaman awal tentang lima organ internal 五脏 (wǔ zàng) dalam pengobatan tradisional Tiongkok 中国传统医学 (zhōng guó chuán tǒng yī xué):
  • Hati kategori Kayu 肝属木 (gān shǔ mù);
  • Jantung kategori Api 心属火 (xīn shǔ huǒ);
  • Limpa kategori Tanah 脾属土 (pí shǔ tǔ);
  • Paru-paru kategori Logam 肺属金 (fèi shǔ jīn);
  • Ginjal kategori Air 肾属水 (shèn shǔ shuǐ).

//(bwt)

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

GERBANG,77,KIBAR KABAR,15,LAYAK NGERTI,50,LORONG,54,NOT,1,PILIHAN,109,SANGGURDI,7,SEPATU,8,TOPI,23,TSN,76,TSUN,4,USL,69,VIDEO,30,YUHO,1,ZATH,1,ZBWT,13,ZEF,23,ZEVA,1,ZKG,28,
ltr
item
Genta Rohani: Sari Semangat Lima Gerakan
Sari Semangat Lima Gerakan
Berlaksa benda di dunia ini rumit dan unik. Untuk memahami berlaksa benda, kita harus mengklasifikasikan hal-hal yang rumit.
https://cdn.pixabay.com/photo/2021/09/17/15/17/fruit-6633086_1280.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhCRAWy0Pw4u-NJfbN4xqr2RwkvikqHEjleNrBLCrW73WdM4bjMpp52zRXNh1cnCclRJa_OOM8701W5Xf912ILQgZMz7uWRaiGiy4Py-emCzFLCbQz8oEpB9JrGbnXpZ09ecIUtfv7VC_rjI2Cye6DXzmfVfEDp9qBQxKUVOxb_uh0VdEcrpdYAm5C7zA=s72-c
Genta Rohani
https://www.gentarohani.com/2021/10/sari-semangat-lima-gerakan.html
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/
https://www.gentarohani.com/2021/10/sari-semangat-lima-gerakan.html
true
9139491462367974246
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lebih Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All Rekomendasi untuk Anda LABEL ARSIP CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM Harap SHARE untuk membuka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy